VALIDASI E-MODUL BERBASIS PENELITIAN HEMATOLOGI Rattus novergicus

Crescentia Mishi Juniorita Ngangi, Jantje Ngangi, Emma Mauren Moko, Herry Maurits Sumampouw, Meity Neltje Tanor, Dino Rahardiyan, Livana Dethris Rawung

Abstract


Pengembangan dan pemanfaatan media sebagai sumber belajar dalam pembelajaran memiliki korelasi yang sangat erat dengan teknologi sehingga perlu untuk selalu meningkatkan kualitas pembelajaran. Kehadiran konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka memunculkan paradigma baru dalam dunia pendidikan. Salah satu perubahan berdasarkan kebijakan kurikulum merdeka di sekolah adalah perbaikan RPP yang dikemas dalam bentuk RPP Plus yang dikembangkan dalam bentuk modul pembelajaran yang berisi desain dan materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran biologi modul digital (e-modul) berupa RPP plus berbasis penelitian hematologi pada hewan coba Rattus novergicus dalam menunjang implementasi kurikulum merdeka di SMA. Dalam penelitian ini, jenis penelitian R&D model Kemp & Dayton yang sebelumnya memiliki 9 langkah dirampingkan ke dalam 4 langkah utama, yaitu 1) persiapan, 2) desain, 3) pengembangan dan 4) uji validitas. Pengembangan modul digitak atau e-modul dibatasi pada uji validitas yang melibatkan validator ahli media dan ahli materi. Hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi pembelajaran menunjukkan persentase keseluruhan sebesar 89,3% dan 100%. Media pembelajaran yang dikembangkan sangat berkualitas, layak dan tidak perlu direvisi


Keywords


pengembangan; e-modul; kurikulum merdeka; media pembelajaran; validitas

Full Text:

PDF

References


Anggraini, D.P. 2019. Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika 7 (1) : 17 – 25.

Arsal, M., Danial, M & Hala, Y. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Materi Sistem Peredaran Darah pada Kelas XI MIPA SMAN 6 Barru. Prosiding Seminar Nasional Biologi VI. Makassar 29 Juni 2019. Universitas Negeri Makassar.

Csobanka, Z.E. 2016. The Z Generation. Acta Technologica Dubnicae 6 (2) : 63 – 76.

Diani, K., Hermasyah, R & Khastini, R.O. 2021. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Materi Sistem Sirkulasi. Jurnal Dinamika Pendidikan 14 (1) : 159 – 167.

Emda, A. 2011. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Biologi di Sekolah. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA 12 (1) : 149 – 162.

Fidiya, B.R., Gofur, A & Lestari, S.R. 2019. Pengembangan Modul Sistem Sirkulasi Berdasarkan Penelitian Hematologi Tikus DMT2. Jurnal Pendidikan 4 (10) : 1318 – 1322.

Fitria, L & Satro, M. 2014. Profil Hematologi Tikus (Rattus norvegicus Berkenhout, 1769) Galur Wistar Jantan dan Betina Umur 4, 6, dan 8 Minggu. Biogenesis 2 (2) : 94 – 100.

Fitriyati, U., Mufti, N & Lestari, U. 2015. Pengembangan Modul Berbasis Riset pada Matakuliah Bioteknologi. Jurnal Pendidikan Sains 3 (3) : 118 – 129.

Fuadi, T.M. 2020. Konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Aplikasinya dalam Pendidikan Biologi. Prosiding Seminar Nasional Biotik. Vol. 9 No. 2. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah danKeguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Gall, M. D., J. P. Gall & W. R. Borg. 2003. Educational Research: An Introduction (7th Edition), Pearson Education. Inc, United State of America.

Hernawati, D., Nurhasanah, N.Y & Wahjuningsih, S. 2022. Pengaruh Modul Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA pada Sub Konsep Protista Mirip Hewan. Jurnal Life Science 4 (1) : 13 – 19.

Mahnun, N. 2012. Media Pembelajaran : Kajian Terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran. Jurnal Pemikiran Islam. 37 (1) : 27 – 35.

Mutia, R., & Halim, A. 2017. Pengembangan Video Pembelajaran Ipa Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan. 5(2) : 108–114.

Rengkuan, M. 2012. Identifikasi Variasi Gen Hormon Pertumbuhan Sapi Peranakan Ongole di Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari dan Perusahaan Daerah Pasuruan sebagai Media Pembelajaran Materi Pengenalan Teknik Analisis Biologi Molekuler. [Disertasi]. Malang : Universitas Negeri Malang.

Rengkuan, M & Howan, D.H.O. 2016. Pengembangan Modul Praktikum Biologi yang Memanfaatkan Bahan Alam Sebagai Sumber Belajar Bagi Siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal ABDIMAS 9 (2) : 197 – 186. Diakses 30 Maret 2022.




DOI: https://doi.org/10.34312/jebj.v5i1.17866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Crescentia Mishi Juniorita Ngangi, Jantje Ngangi, Emma Mauren Moko, Herry Maurits Sumampouw, Meity Neltje Tanor, Dino Rahardiyan, Livana Dethris Rawung

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

 

<!--