PENGEMBANGAN DAN VALIDASI VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS EKSPERIMEN HEMATOLOGI PADA Rattus novergicus DALAM MATERI SISTEM SIRKULASI DI SMA

Veiren Wangkanusa, Emma Mauren Moko, Livana Dethris Rawung, Ferny Margo Tumbel, Anatje Lihiang, Dino Rahardiyan

Abstract


Pembelajaran di masa pandemi memiliki tantangan tersendiri karena tidak semua pelajaran dapat dipelajari oleh siswa secara kontekstual akibat keterbatasan dalam pembelajaran. Pembelajaran materi sistem sirkulasi di SMA, video pembelajaran berbasis eksperimen hematologi sangat tepat untuk dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan dan validasi video pembelajaran berdasarkan percobaan hematologi pada tikus putih Rattus novergicus. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) model ADDIE yang meliputi 5 tahapan yaitu  (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi namun dibatasi pada tahap pengembangan dengan memperoleh hasil validasi ahli material dan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi dari ahli media dan validasi dari ahli materi secara berturut-turut sebesar 86,3% dan 100%. Produk video pembelajaran yang dikembangkan berkategori sangat baik, sangat layak dan tidak perlu direvisi


Keywords


eksperimen; hematologi; pengembangan; sirkulasi; validitas

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Dimyati M., Suwardiyanto, A, D., Yuliandoko, H & Arief W. 2017. Pemanfaatan Teknologi sebagai Media Pembelajaran Daring (Online) bagi Guru dan Siswa di SMK NU Rogojampi, j-dinamika 2 (2).

Efendi, Y., Adi, E & Sulthoni, S. 2020. Pengembangan Media Video Animasi Motion Graphics pada Mata Pelajaran IPA di SDN Pandanrejo 1 Kabupaten Malang. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran. 6 (2) : 97–102.

Kawete, M. Gumolung, D & Aloanis, A. 2022. Pengembangan Video Pembelaran Materi Ikatan Kimia dengan Model ADDIE Sebagai Penunjang Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Oxygenius : Journal of Chemistry Education 4 (1) : 63 - 69.

Kumala, F.N., Yasa, A.D., Jait, A.B.H & Wulandari, I. 2023. Pengembangan Video Pembelajarann Berbasis Eksperimen untuk Mengatasi Loss-learning dalam Pembelajaran IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inspirasi Pendidikan 13 (1) : 28 - 38.

Kustandi, C & Darmawan, D. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Konsep dan Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik Di Sekolah Dan Masyarakat. Jakarta: Prenada Media Group.

Mahnun, N. 2012. Media Pembelajaran : Kajian Terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran. Jurnal Pemikiran Islam 37 (1) : 27 – 35.

Muthmainnah, Rokhmat, J & Ardhuha, J. 2017. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Fisika Berbasis Eksperimen Virtual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MAN 2 Mataram Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 3 (1) : 40 - 47.

Noer, I.M & Roviati, E. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Video Editor Interaktif Power Direktor Pada Materi Sistem Sirkulasi Kelas XI SMA/MA. Jurnal Bio Educatio 6 (1) : 30 - 37.

Sabara, A., Yusuf, F.M., Ahmad, J. Nusantari, E & Lamangajto, C. 2022. Validitas Perangkat Pembelajaran Berbasis STEAM Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep. Jambura Edu Biosfer Journal 4 (2) : 76 - 85.

Syaifuddin, H. 2011. Anatomi dan Fisiologi : Kurikulum Berbasis Komprehensif untuk Keperawatan dan Bidan. Edisi 4, Jakarta.

Syabrina, J., Simatupang, H & Daulay, W.R. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Video dengan Aplikasi Instagram Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Pembelajaran IPA Indonesia (JPPIPAI) 2(1) : 30-39.

Tegeh, M. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.34312/jebj.v5i1.17867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Veiren Wangkanusa, Emma Mauren Moko, Livana Dethris Rawung, Ferny Margo Tumbel, Anatje Lihiang, Dino Rahardiyan

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

 

<!--