ANALISIS BUKU AJAR BIOLOGI SMA MATERI GENETIKA DAN RELEVANSINYA DALAM MENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Waliyyatu Azzahra, Johan Susanto Jayah, Diah Kusumawaty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relevansi konten buku ajar biologi dengan dimensi profil pelajar pancasila (PPP) dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka di Indonesia. Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan menganalisis 10 buku ajar biologi SMA Kelas XII yang diterbitkan dalam 10 tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun beberapa elemen profil pelajar pancasila teridentifikasi dalam buku ajar, namun belum ada buku yang memuat secara lengkap semua elemen tersebut. Hal tersebut karena terdapat kesamaan dan perbedaan dalam Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka yang memungkinkan sebagian elemen profil pelajar Pancasila ditemukan dalam buku Kurikulum 2013, dengan dimensi bernalar kritis memiliki persentase paling tinggi (59%), diikuti oleh dimensi mandiri (22%), bergotong royong (11%), berakhlak mulia (6%), dan kreatif (2%), namun dimensi kebhinekaan global tidak teridentifikasi dalam buku ajar yang dianalisis. Penelitian ini memberikan gambaran dan arah perbaikan dalam mengembangkan buku ajar yang relevan dengan Kurikulum Merdeka

Keywords


Kurikulum Merdeka; Profil Pelajar Pancasila; Buku Ajar; Perkembangan Kurikulum

Full Text:

Azzahra_et-al

References


Afriliska, N., & Zulyusri. (2021). Meta-analisis Miskonsepsi Buku Teks pada Materi Biologi SMA. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 21-31.

Agustina, R., Sipahutar, H dan Harahap, F. (2016). Analisis Miskonsepsi pada Buku Ajar Biologi SMA Kelas XII. Jurnal Pendidikan Biologi. 5 (2), 113-118.

Alhamuddin. (2014). Sejarah Kurikulum Di Indonesia. Nur El-Islam: Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan. 1(2). 48-58.

Angga, Suryana, C., Nurwahidah, I. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 6(4): 5877 - 5889

Angraini, Erni (2022). Pengaruh macam pembelajaran aktif berbasis tpack (technological, pedagogical, and content knowledge) pada matakuliah genetika untuk meningkatkan kreativitas, literasi digital, dan literasi sains mahasiswa. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Apriliana, A., Afriliantom M., Saridah, I. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Materi Persamaan Kuadrat dengan Pendekatan Saintifik pada Siswa Kelas IX MTs An-Nur Cikalong Wetan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(2): 631-640.

Asrizal, A., Festiyed, F., & Sumarmin, R. (2017). Analisis kebutuhan pengembangan bahan ajar ipa terpadu bermuatan literasi era digital untuk pembelajaran siswa SMP kelas VIII. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 1(1), 1-8.

Azzahra, W & Supriatno, B. (2023). Evaluasi Desain Kegiatan Praktikum Materi Transpor Zat dan Implementasi Hasil Rekonstruksinya pada Kurikulum Merdeka. BEST: Journal of Biology Education, Science & Technology. 6(1): 571-577.

Hidayat, T. & Kasmiruddin. (2020). Miskonsepsi Materi Genetika Tentang Ekspresi Gen. Bioedusains: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains. 3(1): 59-65.

Istaryaningtyas, I., L., S., & E., H. (2021). Management of the Independent Learning Curriculum during the Covid-19 Pandemic. Journal of Education Research and Evaluation, 5(2): 176–184. https://doi.org/10.23887/jere.v5i2.32998

Kemdikbud. (2021). Bahan Ajar Profil Pelajar Pancasila. Diakses pada 13 Juni 2022. https://www.kemdikbud.go.id/

Kemdikbud. (2023). Profil Pelajar Pancasila. Diakses pada 21 Juni 2023. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Muhammedi. (2016). Perubahan Kurikulum di Indonesia: Studi Kritis Tentang Upaya Menemukan Kurikulum Pendidikan Islam yang Ideal. Raudhah. 4(1): 49-70.

Nazifah, N., Asrizal, Festiyed. (2021). Analisis Ukuran Efek Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pijar MIPA, 16(3): 288-295.

Nassaji, Hossein. (2015). Qualitative and descriptive research: Data type versus data analysis. Language Teaching Research. 19. 129-132. 10.1177/1362168815572747.

Nusantari, E. (2011). Analisis dan Penyebab Miskonsepsi pada Materi Genetika Buku SMA Kelas XII, Jurnal Bioedukasi. 4(2): 72-85.

Pratycia, A., Putra, D., A.. (2023). Analisi Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 3(1): 58-64.

Prastowo, A. I., Firman, A. J., Mulyanto, T., & Wiranata, Rz. R. S. (2020). The Independent Learning Curriculum Concept of Imam Zarkasyi’s Perspective In Pesantren For Facing The Era of Society 5.0. Proceedings of the 4th International Conference on Learning Innovation and Quality Education, 1–6. https://doi.org/10.1145/3452144.3452147

Rachmawati, R. (2018). Analisis Keterkaitan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), Dan Kompetensi Dasar (KD) Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Diklat Keagamaan. 12(34): 231-239

Rahmadhani, F., L. (2021) Implementasi Guided Discovery Pada Pembelajaran Genetika Terhadap Peningkatan Berfikir Kritis, Kreatifitas dan Kolaboratif Siswa SMAN 1 Lawang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

Rahmawati, G. (2015). Buku Teks Pelajaran Sebagai Sumber Belajar Peserta didik di Perpustakaan Sekolah Di SMAN 3 Bandung. Jurnal EduLib, 5 (3): 105-112

Ramadhan, N., A. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Sistem Saraf Manusia dalam Buku Teks Biologi SMA di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Biologi, 5 (6): 37-45.

Respatiningrum, Nirmala., Yohanes, R, Edy, W. (2015). “Analisis Miskonsepsi Materi Fluida pada Buku Ajar Fisika SMA.” Jurnal Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika. 6 (1): 311- 318.

Sakdiah, H., & Jamilah, M. (2022). Digital Literacy Students Facing to Independent Learning Independent Campus Curriculum. Community Medicine and Education Journal, 3(1): 217–222. https://doi.org/10.37275/cmej.v3i1.180

Sarhim, F.P., & Harahap, F. (2015). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Genetika di Kelas XII IPA SMA Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Jurnal Pelita Pendidikan, 3(4): 162-170.

Suparno, P. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT. Grasindo Anggota Ikapi.

Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 25(2), 155–167. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897

Sadjati, I. M. (2012). Pengembangan Bahan Ajar. In Hakikat Bahan Ajar. Universitas Terbuka: Jakarta.

Susilawati, E. & Sarifuddin, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik. 25 (2): 155-167.




DOI: https://doi.org/10.34312/jebj.v6i1.24426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Waliyyatu Azzahra, Johan Susanto Jayah, Diah Kusumawaty

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

 

<!--
slot online slot gacor slot