PENERAPAN METODE PERMAINAN SEPAK BOLA VERBAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI
Kadek Rosita Dwi Y, Masra Latjompoh, Aryati Abdul
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode permainan sepak bola verbal terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi Klasifikasi. Penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental design. Sasaran penelitian ini yaitu kelas VII C di SMP Negeri 1 Talaga Jaya tahun pelajaran 2019/2020 melalui kriteria ketuntasan belajar. Analisis N-Gain mendapatkan hasil 0,4 (sedang) yang menunjukan metode permainan sepak bola verbal memberikan pengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa. Hal tersebut dapat diketahui dari nilai rata-rata hasil belajar pretest yaitu 56 sedangkan nilai hasil belajar posttest yaitu 76. Dari hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan penerapan permainan sepak bola verbal dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi Klasifikasi.
Keywords
sepak bola verbal
DOI:
https://doi.org/10.34312/jebj.v3i1.4397
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 kadek rosita dewi y
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .
<!--