PENERAPAN METODE PERMAINAN SEPAK BOLA VERBAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI

Kadek Rosita Dwi Y, Masra Latjompoh, Aryati Abdul

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode permainan sepak bola verbal terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi Klasifikasi. Penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental design. Sasaran penelitian ini yaitu kelas VII C di SMP Negeri 1 Talaga Jaya tahun pelajaran 2019/2020 melalui kriteria ketuntasan belajar. Analisis N-Gain mendapatkan hasil 0,4 (sedang) yang menunjukan metode permainan sepak bola verbal memberikan pengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa. Hal tersebut dapat diketahui dari nilai rata-rata hasil belajar pretest yaitu 56 sedangkan nilai hasil belajar posttest yaitu 76. Dari hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan penerapan permainan sepak bola verbal dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi Klasifikasi.

Keywords


sepak bola verbal

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.34312/jebj.v3i1.4397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 kadek rosita dewi y

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

 

<!--