PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA SUB MATERI SISTEM SARAF

Larassati Hardianti Kadir, Ani M Hasan, Margaretha Solang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada sub materi Sistem Saraf di Madrasah Aliyah Negeri 1 Gorontalo. Jenis penelitian yaitu kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Eksperimental dan rancangan One Group pretest-posttest. Kelas yang digunakan sebagai kelas penelitian yakni XI IPA 3 dengan siswa yang berjumlah 33 orang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen tes berupa soal objektif pilihan ganda. Teknik analisis data yaitu statistik inferensial yang dianalisis menggunakan rumus aktivitas guru dan siswa dengan melihat persentase setiap aspek, ketuntasan individual, nilai rata-rata kelas, N-Gain siswa serta uji-t berpasangan. Hasil analisis data menunjukkan persentase rata-rata aktivitas guru mengalami peningkatan dari pertemuan I ke pertemuan II yakni 75% (baik) menjadi 100% (sangat baik). Hasil aktivitas siswa diperoleh persentase rata-rata berbeda yang mengalami peningkatan dari pertemuan I ke pertemuan II dengan nilai persentase tertinggi yaitu 87,9% (sangat baik). Hasil belajar yang diperoleh siswa yakni nilai rata-rata pretest yaitu 33. Sedangkan nilai rata-rata posttest yakni 73. Peningkatan hasil belajar dibuktikan dengan persentase nilai N-gain yang didapatkan siswa dengan 3 kategori yaitu tinggi=36%, sedang=61% dan rendah=3%. Hasil uji-t berpasangan diperoleh thitung 16,67291 sehingga hipotesis H0 ditolak. Penggunaan metode mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada sub materi sistem saraf di Madrasah Aliyah Negeri 1 Gorontalo

Keywords


mind mapping; hasil belajar; sistem saraf

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.34312/jebj.v5i1.4431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Larassati Hardianti Kadir, Ani M Hasan, Margaretha Solang

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

 

<!--