ANALISIS BUTIR SOAL SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI SMAN 3 GORONTALO DAN SMAN 5 GORONTALO

Ririn Riyanti Masulili, Lilan Dama, Aryati Abdul

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal, daya pembeda soal, fungsi distraktor serta analisis soal dari aspek segi materi, konstruksi, dan bahasa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif, data yang dikumpulkan dengan cara dokumentasi naskah soal dan lembar jawaban peserta didik. Analisis kualitatif menggunakan format penelaahan soal pilihan ganda, sedangkan analisis kuantitatif menggunakan rumus tingkat kesukaran, daya pembeda, validitas, reliabilitas, dan fungsi distraktor. Hasil analisis soal di SMA Negeri 3 Kota Gorontalo menunjukkan bahwa jumlah soal yang valid yaitu 8 (22,85%) butir soal dari 35 butir soal. Sedangkan untuk SMA Negeri 5 Kota Gorontalo memiliki jumlah 15 (50%) butir soal dari 30 butir soal. Pada bentuk soal uraian kedua sekolah memiliki nilai validitas yang sama yaitu 100% valid. Reliabilitas soal bentuk objektif pada SMA Negeri 3 Kota Gorontalo sebesar 0.15 atau tidak reliabel sedangkan pada bentuk soal uraian nilai reliabilitasnya sangat tinggi yaitu 1. Soal bentuk objektif di SMA Negeri 5 Kota Gorontalo memiliki nilai reliabillitas 0,73 yang digolongkan tinggi. Sebaliknya soal yang bentuk uraian nilainya sangat rendah yaitu 0,09. Tingkat kesukaran soal pada SMA Negeri 3 Gorontalo sebanyak 2 soal kategori sedang, 2 soal kategori mudah dan 31 soal kategori sangat mudah dan pada SMA Negeri 5 Gorontalo sebanyak 12 soal kategori sangat sukar, 17 soal kategori sedang dan 4 soal kategori sangat mudah. Daya pembeda soal pada SMA Negeri 3 Gorontalo dengan daya pembeda kategori sangat baik sebanyak 0%, kategori baik 8,57%, kategori cukup 10%, kategori buruk 17,15%, dan kategori sangat buruk 42,85%. Kemudian daya pembeda pada SMA Negeri 5 Gorontalo dengan daya pembeda kategori sangat baik 31%, kategori baik 25%, kategori cukup 10%, kategori buruk 6%, dan kategori sangat buruk  30%. Fungsi distraktor soal pada SMA Negeri 3 Kota Gorontalo opsi yang tergolong efektif sebesar 28% sedangkan untuk SMA Negeri 5 Kota Gorontalo opsi yang tergolong efektif sebesar 78%. Dapat disimpulkan bahwa kualitas soal ujian akhir semester genap Mata Pelajaran Biologi kelas XI IPA tahun pelajaran 2018/2019 di SMA Negeri 3 dan SMA Negeri 5 Kota Gorontalo perlu diganti dengan yang baru dan tetap menyesuaikan dengan aspek materi, konstruksi dan bahasa yang ada.


Keywords


biologi; evaluasi; hasil belajar; test

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.34312/jebj.v3i2.7211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Ririn Riyanti Masulili

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

 

<!--