Kajian Potensi Geowisata Nagari Silokek sebagai Penunjang Geopark Silokek di Kabupaten Sijunjung

Hary Febrianto, Osronita Osronita, Regina Regina, M. Iqbal Liayong Pratama

Abstract


Kawasan Geopark Silokek memiliki potensi wisata dengan keunikan tersendiri yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat atau daerah di Kabupaten Sijunjung.  Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi potensi fisik di kawasan Geopark (2) menganalisis potensi geowisata Nagari Silokek. Pada penelitian berdasarkan klasifikasi yang disusun untuk kegiatan geowisata menggunakan metode skoring yang meliputi nilai ilmiah dan intrinsik, nilai edukasi, nilai ekonomis, nilai konservasi serta nilai tambahan lainnya. Kawasan geopark ini secara geologi sangat menarik karena Geopark ini telah melewati 3 (tiga) era dalam skala waktu geologi. Batuan tertua (Paleozoikum) yang diwakili oleh Formasi Kuantan (sebagian telah mengalami proses metaforfosa). Batuan era pertengahan (Mesozoikum) diwakili oleh intrusi magma yang berkomposisi granitic yang membentuk granit. Terkahir batuan muda (Kenozoikum) yang diwakili oleh batuan dari Formasi Ombilin.  Berdasarkan kondisi geologi yang seperti ini pada kawasan Geopark Silokek memperlihatkan topografi yang bervariasi yaitu terbentuknya kawasan eksokarst dan endokarst.


Keywords


Geologi; Geopark; Geowisata

Full Text:

PDF

References


Hasriadi, R. (2020). Pengaruh Pengembangan Potensi Geowisata Geopark Nasional Kerangsambung-Kerangbolong menjadi Geopark UNESCO Terhadap Perekonomian di Wilayah Kebumen. Makalah.

Hendratno, Agus. dkk. (2019). Studi Kajian Geowisata Pantai Botorubuh dalam Aspek Geosite dan Geomorphosite pada Kawasan Subzona Gunung Sewu. Prosiding Seminar Nasional Kebumian ke-12.

Hermawan, H & Ghani, Y. A. (2018). Geowisata: Solusi Pemanfaatan Kekayaan Geologi Yang Berwawasan Lingkungan. Karya Ilimiah.

Ibrahim.M. M, dkk. (2019). Analisis Kuantitatif Potensi Geowisata di Daerah Muara Dua, Ogan Komering Ulu Selatan, Provinsi Sumatera Selatan. Seminar Nasional.

Kusuma, D. W. (2019). Geopark Silokek Sijunjung Menuju UNESCO Global Geopark. Jurnal Pembangunan Nagari, Vol 4 (1): 17.

Muharram, A, N. (2020). Optimalisasi Data Digital Terrain Model untuk Pembuatan 3D Fisiografis dan Geomorfolgi Geopark Silokek.

Rahma, A. (2020). Potensi Sumber Daya Alam dalam Mengembangkan Sektor Pariwisata di Indonesia. Jurnal Nasional Pariwisata.Vol. 12, No.1.

Riswanto. A. (2018). Memaksimalkan Potensi Geowisata dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan. Jurnal Pariwisata. vol.5, No. 2.

Yanuar Yerry, dkk. (2018). Keberlanjutan Pengembangan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhan Ratu Dalam Perspektif Infrastruktur. Jurnal Sosek Pekerjaan Umum. Vol.10.(1): 65.

Yoeti. (2008). Analisis Strategi Pengembangan Pariwisata. Jurnal Administrasi Publik. Vol.1. (4)




DOI: https://doi.org/10.34312/geojpg.v1i1.14378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Author(s)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.