Evaluasi Dan Pengembangan Sekolah Menengah Atas Mengunakan Sistem Informasi Geografis Di Kabupaten Boalemo

Yusran Husain, Fitryane Lihawa, Rusiyah Rusiyah

Abstract


Evaluasi dan Pengembangan Sekolah Menengah Atas yang ideal menggunakan Sistem Informasi Geografi di Kabupaten Boalemo. Lokasi penelitian ini dilakukan di Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo. Metode yang digunakan yaitu metode survey lapangan. Pengumpulan data primer diperoleh langsung dari lapangan seperti penggunaan lahan, kemiringan lereng, banjir, longsor, aksesbilitas, sempadan jalan dan jakauan pendidikan. Kemudian data sekunder diperoleh dari kepustakaan dengan melakukan studi seperti studi literatur/pustaka dan tinjauan media. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan bahwa lokasi Sekolah Menengah Atas yang ideal terdiri dari 8 sekolah dengan presentasi 100% dan lokasi pengembangannya berada di antara Desa Tangga Barito dan Tangga Jaya Kecamatan Dulupi. Hal ini sesuai dengan Permendiknas No. 24 tahun 2007 dan Permendiknas No. 40 tahun 2008.


Full Text:

PDF

References


Aronoff. S. (1989). Geographic Informasi System : A Management Perspective. Ottawa : WDL Publication.

Budiono. 2005. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Karya Agung. Surabaya

Daryono. Model of Determining The Location of a Junior High School Building Proceedings of the 1st International Conference on Social Sciences (ICSS 2018)

Guntara, A. 2008. Perancangan Sistem Informasi Geografis Monitoring Otonomi Daerah. ITTelkom. Bandung

Hagget, P. 2001. Geography a Global Synthesis. London : Prentice Hall

Mohamed B.Senousy, Christina Albert. A Gis Based Multi-Criteria Decision Making For Selecting Sites For Schools In Greater Cairo Al Shaimaa Shaker Abdelaal. Global Scintific Journal 2019

Muehrcke, P & Muehrcke, J. 1992 Map Use. JP. Publication. Madison

Riyanto, Dkk. (2009). Pengembangan Aplikasi sistem Informasi Geografis Berbasis Deskop Dan Web. Yogyakarta: Gava Media

Prasha, Eddy. Sistem Informasi Geografis Konsep-konsep Dasar ( Perspektif Geodesi & Geomatika). Bandung: Informatika. 2014.

Prahasta, Eddy. 2005. Sitem Informasi Geografis Konsep-Konsep Dasar. Bandung

Prahasta, Eddy. (2006). Sistem Informasi geografis (Membangun Web Based GIS dengan Mapserver). Bandung: CV. Informatika.

Santoso, Eko Budi. 2009. Jurnal Penataan Ruang Vol.3 No.2 (Arahan Penempataan Lokasi Sekolah Menengah Pertama Berdasarkan Karakteristik Wilayah di Kabupaten Rembang). Surabaya.

Suryadi,K. dan M.Ali Ramdhani. 1998. Sistem Pendukung Keputusan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Ulfa Fathul Kandiawan, Hani’ah, Sawitri Subiyanto. 2017. Penentuan Kawasan Peruntukan Industri Menggunakan Analytical Hierarchy Process Dan Sistem Informasi Geografis. Program Studi Teknik Geodesi Fakultas Teknik ,Universitas Diponegoro.




DOI: https://doi.org/10.34312/geojpg.v1i2.14390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Author(s)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.