Analisis Kesesuaian Lokasi Sarana Pendidikan Menggunakan Sistem Informasi Geografis (Studi Kasus : Sekolah Menengah Atas Se-Kota Gorontalo)

Fachry Djuraini, Hendra Hendra, Sunarty Suly Eraku

Abstract


Sebaran sarana pendidikan di Indonesia belum merata. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kesesuaian Pembangunan sarana pendidikan Sekolah Menengah Atas di Kota Gorontalo berdasarkan Permendiknas No 24 Tahun 2007. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode klasifikasi spasial yang menggunakan bantuan teknik overlay data pada Sistem Informasi Geografis. Pemberian skor pada setiap parameter dalam penelitian ini berdasarkan rincian dari aturan dalam Permendiknas No. 24 Tahun 2007 diatur dalam Pedoman Pembangunan Unit Sekolah Baru. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini bahwa bahwa Sekolah Menengah Atas di kota Gorontalo terdiri atas 3 sekolah dengan status sangat sesuai dan 6 sekolah dengan status sesuai. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa lokasi sekolah di kota Gorontalo sudah memenuhi aturan lokasi pembangunan sekolah dalam Pemendiknas No. 24 Tahun 2017.

Keywords


Gorontalo; Location; Mapping; School; Suitability; SIG

Full Text:

PDF

References


Gewab, H. (2015). Analisis Kebutuhan dan Sebaran Fasilitas Pendidikan Tingkat Smp dan Sma di Kabupaten Tambrauw.

Gorontalo, P. K. (2019). Peraturan Daerah Kota Gorontalo No. 9 Tahun 2019 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Gorontalo Tahun 2019-2039.

Habibah, R., Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 1. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.1070

Hasan, M. H., & Hendra, H. (2022). Aspek Keruangan Komponen Wisata Gunung Mutis Desa Fatumnasi. 1(1), 17–23. https://doi.org/10.34312/geojpg.v1i1.14315

Hendra, H., Pratama, M. I. L., Lahay, R. J., & Hasriyanti, H. (2021). Rancangan Konten Pembelajaran Geografi Pariwisata Berbasis Wisata Pantai Botutonuo berintegrasikan Photography Essay. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 529–536. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.251

Hendra, H., S, A. S. R., Jaya, R., & Nurfaika. (2021). Analisis spasial wisata pantai botutonuo desa Botutonuo menggunakan foto udara orthofoto hasil pemotretan dengan uav. Jurnal Sains Informasi Geografi (J SIG), 4(November), 222. https://doi.org/10.31314/j

Munir, M., & Karwanto. (2014). Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Di SMA Negeri 12 Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(4), 134–140. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/7745/8101

Nasional, B. S. (2004). SNI 03-1733-2004 Tata cara perencanaan lingkungan perumahan di perkotaan.

Nasional, K. P. (2017). Pedoman Pendirian Unit Sekolah Baru Untuk Sekolah Dasar.

Nurstalis, N., Ibrahim, T., & Abdurrohim, N. (2021). PERAN MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM ‎MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMP ISLAM CENDEKIA ‎CIANJUR. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 6(1), 63–76. https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.6579

Rakyat, K. P. U. dan P. (2015). Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia No 38/PRT/M 2015 Tentang Bantuan Prasarana, Sarana, dan Utilitas Umum Untuk Perumahan Umum.

Siregar, J. . (2017). Perencanaan Lokasi Sekolah Menengah Pada Subpusat Pelayanan Medan Selayang Berbasis Sistim Informasi Geografis. Universitas Sumatera Utara.

Suryani, S., Sasongko, P. S., & Suharto, E. (2012). Sistem Informasi Geografis Pemetaan Sekolah Tingkat Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Kota Serang. Jurnal Masyarakat Informatika, 2(3), 38–50. https://doi.org/10.14710/jmasif.2.3.39-50

Umum, K. P. (2011). Peraturan Menteri PU No. 20 Tahun 2011 tentang Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi dan Neighborhood Unit aspek jarak dan waktu untuk fasilitas masyarakat.




DOI: https://doi.org/10.34312/geojpg.v1i2.17953

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Author(s)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.