Efektivitas Model Pembelajaran Exo-Olo Task Terhadap Critical Thinking Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka

Angela Merici, Gabriel Pradipta Tyas Widiyanto

Abstract


Efektivitas Model Pembelajaran EXO-OLO Task Terhadap Critical Thinking Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka. Hasil penelitian diperkuat oleh teori dan temuan penelitian sebelumnya yang menyebutkan bahwa model pembelajarn EXO-OLO Task dapat mencitakan aktivitas belajar yang dapat mencapai proses belajar secara bertahap sehingga dapat mencapai pemikiran kritis akan konsep sesuai dengan kajian fakta yang logis. Pentingnya penelitian ini dilakukan adalah sebagai evaluasi terhadap perubahan tindakan yang akan diberikan dalam implementasi kurikulum Merdeka yang menuntut penilaian yang holistic dengan karakter peserta didik yang berbeda. Tujuan penulisan ini adalah untuk efektifitas model pembelajaran EXO-OLO Task terhadap berpikir kritis sebagai implementasi kurikulum merdeka. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus menggunakan instrumen indikator hasil proses belajar dan observasi aktivitas belajar dengan menggunakan angket dan teknik wawancara sebagai bentuk validasi kebenaran data dan hasil penelitian ini sangat relevan dengan kurikulum merdeka. Hasil penelitian diperkuat oleh teori dan temuan penelitian sebelumnya yang menyebutkan bahwa model pembelajarn EXO-OLO Task dapat mencitakan aktivitas belajar yang dapat mencapai proses belajar secara bertahap sehingga dapat mencapai pemikiran kritis akan konsep sesuai dengan kajian fakta yang logis dengan kategori sangat tinggi.

Keywords


Model Pembelajaran EXO-OLO Task, Critical Thinking, Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

References


Amdani, D., Nindiasari, H., & Yuhana, Y. (n.d.). Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Hasil Belajar Peserta Didik: Studi Literatur. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Ayu Lestari, E., Abadi, S., Nawawi, S., Kunci, K., & Birokrasi, S. (2023). Analisis Aktivitas Belajar Dan Level Kognitif Siswa Pada Materi Bakteri (Vol. 6, Issue 1).

Bertua Pardede, O., Saleh Lubis, R., Dwi Astri, N., Prima Indonsi, U., & Kata Kunci, A. (n.d.). Penerapan Penggunaan Soal HOTS pada Karya Sastra dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara. Jurnal Bahasa, 12, 2023.

Damayanti, N. (n.d.). Pentingnya Kerjasama bagi Peningkatan Mutu Pendidikan.

Doyan, A., Susilawati, S., Hadisaputra, S., & Muliyadi, L. (2022). Effectiveness of Quantum Physics Learning Tools Using Blended Learning Models to Improve Critical Thinking and Generic Science Skills of Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(2), 1030–1033. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i2.1625

Hutabarat, H., Elindra, R., Harahap, M. S., Fakultas, ), Matematika, P., Ilmu, D., Alam, P., Pendidikan, I., & Selatan, T. (2022). ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMA NEGERI SEKOTA

PADANGSIDIMPUAN. In Mathematic Education Journal)MathEdu (Vol. 5, Issue 3). http://journal.ipts.ac.id/index.php/

Maicandra Budiman, H. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXO OLO TASK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 8, 185–198.

Nofrion, N., Ananda, A., Anwar, S., Hasan, H., & Furqon, I. (2018). Effectiveness of EXO OLO TASK Learning Model Based on Lesson Study in Geography Learning. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 145(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/145/1/012038

Nugraha, F. (n.d.). PENDIDIKAN DAN PELATIHAN Konsep dan Implementasi dalam Pengembangan Sumberdaya Manusia.

Olivia, D., Akbar, R., & Mukhlis, A. M. A. (2022). PkM WORKSHOP PENGENALAN KARAKTER KAMPUNG KOTA MENGGUNAKAN METODE PROJECT BASED LEARNING BAGI GURU GEOGRAFI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS (Vol. 5).

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rizqiani, A. S., Sridana, N., Junaidi, J., & Kurniati, N. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 232–239. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1138

Rizqiyah, S., Astutik, S., Apriyanto, B., Pangastuti, E. I., & Nurdin, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran EXO-OLO Task dengan Bantuan Media Spinning Question Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. https://doi.org/10.19184/pgeo.v6i1.36600

Rudi Setiawan, H., & Danny Abrianto, Mp. (n.d.). MENJADI PENDIDIK PROFESIONAL. http://umsupress.umsu.ac.id/

Sarmiento-Márquez, E. M., Pishtari, G., Prieto, L. P., & Poom-Valickis, K. (2023). The evaluation of school-university partnerships that improve teaching and learning practices: A systematic review. Educational Research Review, 39, 100509. https://doi.org/10.1016/J.EDUREV.2023.100509

Suasti, Y., Wijayanto, B., Susetyo, B. B., & Novio, R. (2019). EXO OLO TASK Learning Model : What Should Students Do in The Class ? 3(1), 75–81.

Widiyati, E., Bahrodin, A., & Fatimah, I. D. (2023). Pengembangan LKPD Menggunakan Media Monopoli Papan Kayu Rekayasa (Mokaya) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis (Vol. 5, Issue 2). https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/pgsd/login

Winarso, A., Siswanto, J., & Roshayanti, F. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berfikir Kritis Siswa SMP Negeri 2 Moga Article Info ABSTRACT. Jurnal Kualita Pendidikan, 4(1), 16–27.

Wiratno, S., Pendidikan Kewirausahaan di Pendidikan Tinggi PELAKSANAAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN PENDIDIKAN TINGGI, P. DI, Wiratno Pusat Penelitian Kebijakan, S., & Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, B. (n.d.). THE IMPLEMTATION OF ENTERPRENEURSHIP EDUCATION IN THE HIGHER EDUCATION.




DOI: https://doi.org/10.37905/geojpg.v3i1.21016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Authors

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.