Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Pada Mata Pelajaran Geografi Dengan Pokok Bahasan Atmosfer
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena kurangnya kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan pada mata pelajaran Geografi terutama pada pokok bahasan Atmosfer di kelas XB SMAN 1 Suboh Situbondo.Indikasi dari permasalahan ini dapat dilihat melalui jumlah siswa yang mengajukan pertanyaan dalam kegiatan prasiklus. Pertanyaan tersebut dijawab secara lisan oleh 2 individu (7,7%) dari total siswa, sementara 8 individu (30,8%) dari keseluruhan menjawab secara tertulis. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan.Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari dua siklus dan melibatkan 26 siswa dari kelas XB SMAN 1 Suboh Situbondo sebagai subjek penelitian.Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kuantitatif dalam keterampilan bertanya siswa. Jumlah siswa yang mengajukan pertanyaan secara lisan meningkat dari 2 orang (7,7%) pada siklus sebelumnya menjadi 8 orang (30,8%) pada akhir Siklus II. Selain itu, terdapat peningkatan pada jumlah siswa yang mengajukan pertanyaan secara tertulis, dari 8 orang (30,8%) pada prasiklus menjadi 20 orang (76,9%) pada akhir siklus II. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan metode demonstrasi efektif untuk meningkatkan keterampilan bertanya siswa pada mata pelajaran Geografi, khususnya pada topik Atmosfer.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. L. (2015). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom (Terjemahan Agung Prihantoro). Pustaka Belajar.
Arikunto, S. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Astawa, I. B. M. (2022). Peningkatan Spatial Thinking Skills Siswa dalam Pembelajaran Geografi melalui Metode Demonstrasi Berpendekatan Kontekstual. Journal of Education Action Research, 6(2), 242–251. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45526
Budiyanto, A. K. (2016). Sintaks 45 Metode Pembelajaran Dalam Student Centered Learning (SCL). UMM Press.
Endayani, T., Rina, C., & Agustina, M. (2020). Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(2), 150–158. https://doi.org/10.32505/al-azkiya.v5i2.2155
Etemadzadeh, A., Seifi, S., & Far, H. R. (2013). The Role of Questioning Technique in developing thinking Skills: The Ongoing Effect on Writing Skill. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 70, 1024–1031. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.01.154
Fauth, B., Decristan, J., Decker, A. T., Büttner, G., Hardy, I., Klieme, E., & Kunter, M. (2019). The effects of teacher competence on student outcomes in elementary science education: The mediating role of teaching quality. Teaching and Teacher Education, 86, 102882. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.102882
Gumay, O. P. U., & Bertiana, V. (2018). Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas X MA Almuhajirin Tugumulyo. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 1(2), 96–102. https://doi.org/10.31539/spej.v1i2.272
Harlen, W. dan Qualter, A. (2004). The Teaching of Science in Primary Schools Fourth Edition. David Fulton Publishers.
Kalsum, U., Chastanti, I., & Harahap, D. A. (2021). Analisis Keterampilan Bertanya Siswa pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 433–441. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1921
Meldina, T. (2019). Implementasi Model Learning Start With a Question Strategi Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 211–219. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.5138
Musingafi, M. C., & Muranda, K. E. (2014). Student and questioning: a review of the role played by students generated question in teaching and learning process. Studies in Social Science and Humanities, 1(3), 101–107.
Pratiwi, D. I., Kamilasari, N. W., Nuri, D., & Supeno. (2019). Analisis Keterampilan Bertanya Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Suhu Dan Kalor Dengan Model Problem Based Learning Di SMP Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(4), 269–274.
Ramadhan, F., Susriyati, M., dan Siti, Z. (2017). Kemampuan Bertanya Siswa kelas SMA Swasta Kota Batu Pada Pelajaran Biologi. Bioedukasi, 8(1), 11–15.
Rosidah, R. L. (2019). Analisis Kemampuan Bertanya Siswa dengan Memperhatikan Dimensi Proses Kognitif Pada Penerapan Pembelajaran Kooperatif. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Royani, M. dan Muslim, B. (2014). Keterampilan Bertanya Siswa SMP Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz Pada Materi Segi Empat. EDUMAT Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 22–28.
Sriarunrasmee, J., & Suwannatthachote, P. (2015). Virtual Field Trips with Inquiry learning and Critical Thinking Process: A Learning Model to Enhance Students’ Science Learning Outcomes. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 197, 1721–1726.
Suardana, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Permainan Tolak Peluru. Journal of Education Action Research, 3(3), 270. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17974
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT. Alfabet.
Tsai, M. N., Liao, Y. F., Chang, Y. L., & Chen, H. C. (2020). A brainstorming flipped classroom approach for improving students’ learning performance, motivation, teacher-student interaction and creativity in a civics education class. Thinking Skills and Creativity, 38(September), 100747. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100747
Zahranie, M., Andayani, Y., & Loka, I. N. (2020). Hubungan Keaktifan Bertanya dengan Kecenderungan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA di SMA/MA Se-Kecamatan Narmada Tahun Ajaran 2019/2020. Chemistry Education Practice, 3(1), 5. https://doi.org/10.29303/cep.v3i1.1426
DOI: https://doi.org/10.37905/geojpg.v2i2.21024
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Riyo Rosi Meisandy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.