Kemampuan Berpikir Spasial Peserta Didik Menggunakan Citra Google Earth Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 2 Gorontalo
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam berpikir spasial terhadap pembelajaran geografi dengan menggunakan citra Google Earth Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam berpikir spasial terhadap pembelajaran geografi dengan menggunakan citra Google Earth. Data dalam penelitian ini yaitu data hasil tes peserta didik soal tes pembelajaran geografi mengggukan citra Google Earth. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes. Data dianalisis menggunakanuji uji-T dengan SPSS 23 for Windows. Taraf signifikasi sebesar 0,05 untuk mengambil keputusan uji hipotesis. Bedasarkan hasil Hasil uji hipotesis didasarkan pada taraf signifikansi 0,030 < 0,05. Penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa citra Google Earth dapat memengaruhi kemampuan berpikir spasial siswa.
Full Text:
PDFReferences
Aini, A. N., Wirahayu, Y. A., & Budijanto, B. (2022). Pengaruh model problem based learning berbantuan google classroom terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Geografi. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 2(12), 1236–1248. https://doi.org/10.17977/UM063V2I12P1236-1248
Alhidayah, Y., Asyroful Mujib, M., Astutik, S., & Apriyanto, B. (2022). Pengaruh Model Spatial Based Learning (SBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA/MA. Jl. Prof. Dr. Hamka, Kampus UNP Air Tawar. https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/111443
Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Council, N. R. (2005). Learning to Think Spatially. Learning to Think Spatially: GIS as a Support System in the K-12 Curriculum, 1–313. https://doi.org/10.17226/11019
Elizabeth, A., Elizabeth, A., & Sigahitong, M. M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP
Mataram, 6(2), 66–76. https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.1044
Eraku, S. S., Pambudi, Moch. R., & Kobi, W. (2023). Inovasi Berkelanjutan: Memperkuat Partisipasi Masyarakat Lokal dalam Pengembangan Wisata Hiu Paus yang Berkelanjutan di Desa Botubarani. Geosfera: Jurnal Penelitian Geografi, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.34312/GEOJPG.V2I1.20003
García de la Vega, A. (2019). Spatial Thinking Ability Acquisition Through Geospatial Technologies for Lifelong Learning. 21–40. https://doi.org/10.1007/978-3-030-17783-6_2
Hartana, A., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2016). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PARADIGMA PEDAGOGI IGNATIAN (REFLEKTIF) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(4), 765–779. https://doi.org/10.17977/JP.V1I4.6555
Hayati, W. I., Utaya, S., & Astina, K. (2016). EFEKTIVITAS STUDENT WORKSHEET BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 468–474. https://doi.org/10.17977/JP.V1I3.6174
Hendra, H., Pratama, M. I. L., Lahay, R. J., & Hasriyanti, H. (2021). Rancangan Konten Pembelajaran Geografi Pariwisata Berbasis Wisata Pantai Botutonuo berintegrasikan Photography Essay. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 529–536. https://doi.org/10.29303/JIPP.V6I3.251
Koem, S., Lahay, R. J., & Pambudi, M. R. (2023). An Overview of the Population Dynamics Model Based on Climate Parameters. Geosfera: Jurnal Penelitian Geografi, 2(1), 22–29. https://doi.org/10.34312/geojpg.v2i1.20186
Manek, A. H., Utomo, D. H., Handoyo, B., & Geografi, P. (2019). Pengaruh Model Spasial Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(4), 440–446. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V4I4.12245
Maretasari, E., Subali, B., Fisika, J., Matematika, F., & Pengetahuan, I. (2012). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS LABORATORIUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP ILMIAH SISWA. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.15294/UPEJ.V1I2.1375
Najib, I. A., & Suyatna, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 5(1), 116912. https://www.neliti.com/publications/116912/
Oktavianto, D. A. (2018). PENGEMBANGAN SPATIAL THINKING ON MAP TEST (STMT) UNTUK TINGKAT SMA. Jurnal Teknodik, 73–73. https://doi.org/10.32550/TEKNODIK.V21I3.345
Pambudi, Moch. R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kademangan. Aksiologi : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 15–23. https://doi.org/10.47134/AKSIOLOGI.V3I1.119
Pambudi, Moch. R., & Masruroh, M. (2023). EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS SPASIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(2), 161–165. https://doi.org/10.31764/PAEDAGORIA.V14I2.14130
Pambudi, Moch. R., Masruroh, M., Ninasafitri, Pratama, M. I. L., & Aris, A. P. (2022). Pengenalan Peta untuk Meningkatkan Pengetahuan Spasial Siswa SDN 3 Kabila Bone. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 3(1), 32–40. https://doi.org/10.33369/JURNALINOVASI.V3I1.23759
Sasongko, R., Astuti, W., & Yudana, G. (2022). POLA SPASIAL PERMUKIMAN DI BANTARAN SUNGAI PREMULUNG, KOTA SURAKARTA. Desa-Kota: Jurnal Perencanaan Wilayah, Kota, Dan Permukiman, 4(2), 152–166.
https://doi.org/10.20961/DESA-KOTA.V4I2.59526.152-166
Silviariza. (2020). Spatial-Problem Based Learning (SPBL) development (preliminary studies for geography learning). Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, Dan Praktek Dalam Bidang Pendidikan Dan Ilmu Geografi. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpg/article/view/12005/pdf
Silviariza, W. Y., & Handoyo, B. (2020). Spatial-Problem Based Learning (SPBL) development (preliminary studies for geography learning). Jurnal Pendidikan Geografi, 25(1), 69–79. https://doi.org/10.17977/UM017V25I12020P069
Stow, C. A., Rowe, M. D., Godwin, C. M., Mason, L. A., Alsip, P. J., Kraus, R. T., Johengen, T. H., & Constant, S. A. (2023). Lake Erie hypoxia spatial and temporal dynamics present challenges for assessing progress toward water quality goals. Journal of Great Lakes Research, 49(5), 981–992. https://doi.org/10.1016/J.JGLR.2023.02.008
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RD. Alfabeta.
Sutarna, N., & Maryani, E. (2021). Literasi Spasial Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 351–360. https://doi.org/10.20961/JDC.V5I2.57620
DOI: https://doi.org/10.37905/geojpg.v2i2.22569
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Rafika S. Salam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.