Pengembangan Media Pembelajaran Cake Untuk Meningkatkan Student Agency Siswa SMA Negeri 2 Probolinggo

Dwi Ambarwati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan media cake untuk meningkatkan student agency siswa SMA Negeri 2 Probolinggo. Pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan media cake ini merupakan pembelajaran berdiferensiasi konten dan pembelajaran berdiferensiasi proses. Pada pembelajaran ini siswa diberi kebebasan untuk memilih media yang digunakan dalam proses pembelajarannya. Media cake ini merupakan dua media yang bisa digunakan dalam pembelajaran. Media cake ini adalah media permainan kreasi engklek dan Media Canva. Aktivitas belajar tentang persebaran flora dan fauna siswa kelas XI E SMAN 2 Probolinggo meningkat setelah melalui pembelajaran berdiferensiasi konten dan proses dengan menggunakan media cake. Peningkatan aktivitas tersebut disebabkan oleh adanya pengondisian dan penyesuaian pembelajaran dengan kebutuhan siswa yang berkaitan dengan topik materi persebaran flora dan fauna yang digunakan dalam pembelajaran dan kebiasaan serta gaya belajar yang dilakukan oleh siswa. Terjadinya peningkatan tersebut disebabkan oleh munculnya motivasi dan minat siswa yang dibangun melalui metode pembelajaran berdiferensiasi dan menggunakan media cake. Faktor tingginya minat dan motivasi siswa mendorong tingginya aktivitas belajar sehingga menunjang tercapainya hasil belajar yang lebih baik dan meningkatnya student agency siswa.

Keywords


Student Agency, Pembelajaran Berdiferensiasi, Media Cake.

Full Text:

PDF

References


Amri, Sofan., Ahmadi, Lif Khoiru.2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka

Anderson, Lorin. W dan Krathwohl, David. R. 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arends, R.I 2004. Learning to Teach 9 Edition Chapter Eleven. New York. McGraw Hill.

Azwar, S. 2007. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta

Aqib, Zainal. 2013. Media-Media Media, Dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif). Bandung: YRAMA WIDYA

Asra., Sumiati. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima

Beetlestone, Florence.1998. Creative Learning. Terjemahan Narulita. 2012. Bandung: Nusa Media

Bruner, Jerome S., 1961. The Process of Education. Vintage Book, New York.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2005. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Joyce, B.&Weil. 2011. Media of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto, Edy. 2013. Strategi Pembelajaran Bidang Studi Geografi. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang (UM Press)

Sumarmi, Prof. 2012. Media-media Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media Publising.

Suryadharma. 2008. Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. Jakarta; Direktorat Ketenagaan, PMPTK Depdiknas

Trianto. 2009. Mendesain Media Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Winkel, W.S. 2005. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rinike Cipta




DOI: https://doi.org/10.37905/geojpg.v3i1.23265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dwi Ambarwati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.