PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI DINAMIKA LITOSFER
Abstract
Abstrak Hasil belajar di SMA Negeri 1 Gorontalo Utara setelah dilakukan observasi awal menunjukkan masih rendah dengan nilai rata-rata hasil ulangan semester yaitu 61. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi dinamika litosfer. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus2 kali pertemuan yang terdiri atas pelaksanaan tindakan ,observasi, dan refleksi. Hasil penelitian penerapan model Problem Based Learning dengan pembelajaran berdiferensiasi bahwa siswa di kelas X4 memiliki gaya belajar yang berbeda-beda yaitu gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Hasil belajar siswa pada siklus I berjumlah 75% siswa yang memperoleh nilai lebih dari 86, sedangkan pada siklus II berjumlah 91% siswa yang memperoleh nilai lebih dari 86. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus I dan II, setelah dilakukan penerapan model Problem Based Learning dengan pembelajaran berdiferensiasi. Penerapan model Problem Based Learning dengan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas X4
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2022). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION, 3(1). https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i1.4416
Ashilah, C., Djangi, M. J., & Nasir, M. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Peserta Didik pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3).
Emiliyati. (2023). penerapan pembelajaran diferensiasi pada materi konsep geografi melalui problem based learning (PBL). Journal of Media, Sciences and Education, 2(1).
Fauzia, R., & Hadikusuma Ramadan, Z. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5323
Herwina Wiwin. (2021). Optimalisasi kebutuhan siswa dan hasil belajar dengan pembelajaran berdifernsiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan.
Himmah, F. I., & Nugraheni, N. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(1). https://doi.org/10.30595/jrpd.v4i1.16045
Khaidir, F., Setiono, P., & Heri, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran The Power Of Two untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDN 104/I Simpang Jebak. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(2). https://doi.org/10.22437/gentala.v4i2.8451
Khaidir, F., Setiono, P., & Heri, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran The Power Of Two untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDN 104/I Simpang Jebak. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(2). https://doi.org/10.22437/gentala.v4i2.8451
Mayang, R., Sutiah, E., Nurfaika, N., & Melo, R. H. (2024). Kearifan Lokal Masyarakat Desa Torosiaje Terhadap Budidaya Perikanan. Geosfera: Jurnal Penelitian Geografi, 3(1), 17–25. https://doi.org/10.37905/GEOJPG.V3I1.25757
Minasari, U., & Susanti, R. (2023). Penerapan Model Problem Based Leaning Berbasis Berdiferensiasi berdasarakan Gaya Belajar Peserta Didik pada Pelajaran Biologi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 282–287. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.543
Ni Putu Swandewi. (2021). Implementasi Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran Teks Fabel Pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 3 Denpasar. Jurnal Pendidikan DEIKSIS, 3(1).
Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022). Pembelajaran Diferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Pendidikan Sultan …, November.
Roos, Tuerah, & Tuerah, J. M. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(19).
Rubama, F., Maryati, S., & Lahay, R. J. (2022). Aspek Geografis Kondisi Sosial Ekonomi Dan Budaya Suku Minahasa Di Desa Kaaruyan Kecamatan Mananggu Kabupaten Boalemo. Geosfera: Jurnal Penelitian Geografi, 1(2), 48–55. https://doi.org/10.34312/GEOJPG.V1I2.14871
Sarie, F. N. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar Kelas VI. Tunas Nusantara, 4(2). https://doi.org/10.34001/jtn.v4i2.3782
Septyana, E., Indriati, N. D., Indiati, I., & Ariyanto, L. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Boga 1 SMK di Semarang pada Materi Program Linear. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 6(2). https://doi.org/10.24246/juses.v6i2p85-94
Shafira, I., Rahayu, F. F., Rahman, F. R., Mawarni, J., & Fitriani, D. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Berdiferensiasi berdasarkan Gaya Belajar Peserta didik pada Pelajaran Biologi Materi Ekosistem Kelas X SMA. Journal on Education, 6(1). https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2912
Sutiah, E., Mayang, R., Lihawa, F., Nurfaika, N., Melo, R. H., & Sune, N. (2024). Edukasi Pengelolahan Lingkungan Untuk Adaptasi dan Mitigasi Bencana di Desa Torosiaje. Huidu Jurnal Pengabdian Masyarakat Geoscience, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.31314/HUIDU.V3I1.3105
Syamsidah, & Suryani, H. (2018). Buku Model Problem Based Learning (PBL) (Edisi Pert). Deepublish Publisher.
DOI: https://doi.org/10.37905/geojpg.v3i2.26922
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nursulistiawati Buhang, Nurfaika Nurfaika, Rusiyah Rusiyah, Wiwin Kobi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.