Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Mitigasi Bencana Kelas XI SMA Negeri 1 Kabila
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Web. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 Siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus pertama siswa yang mencapai KKM atau dalam hal ini dikategorikan tuntas terdapat 13 orang siswa atau 46,42% sedangkan yang tidak tuntas terdapat 15 orang siswa atau 53,56%. Siklus kedua menunjukkan bahwa terdapat 23 orang siswa yang tuntas atau 82,145% sedangkan yang belum tuntas terdapat 5 orang siswa atau 17,85%. Oleh karena itu, diharapkan kepada guru dalam mengajarkan materi pelaran hendaknya mengedepankan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).
Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas
Full Text:
PDFReferences
Dimyati, Mudjiono.(2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Gerlachm,V.G.dan Ely,D.P. (1971). Teaching and Media A Systematic Approach.
Engle wood Cliffs:Prentice Hall, Inc.
Hamalik, Oemar. (1994). Media Pendidikan. (Cetakan ke-7). Bandung: Penerbit PT Citra Aditya Bakti.
Hamalik, Oemar. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta: Sinar Grafika Hamalik, Oemar. (2008). Perencanaan Pembelajaran Berdasarkan Pendekatan
Sistem. Jakarta: Bumi Aksara
Helingo, I. H. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Topik Atmosfer Melalui Penerapan Model Pembelajaran ACTIVE KNOWLEDGE SHARING di SMA Negeri 1 Bonepantai. Gorontalo.UNG
Kemp,J.E.dan Dautong,D.K. (1985). Planning and Producing Instructional Media
(Fifth Edition).Harper & Row Publishers,NewYork.
Evalusi Usability WEBGIS MAGMA Indonesia Menggunakan pendekatan User- Centered Design (UCD) . Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer-ISSN, 2548,964X.
Nazmi, M. (2017). Penerapan Media Animasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Geografi diSMA PGII2 Bandung.Jurnal Pendidikan Geografi,17(1), 48-57.
Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Sugiyono .(2016).Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta,Bandung.
Suprijono, A. (2012). Cooperatif Learning. Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Wardiyatmoko, K. (2013). Buku Geogarfi untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga
DOI: https://doi.org/10.37905/geojpg.v4i1.28854
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 winda kobisi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.