Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bumi Sebagai Ruang Kehidupan

Yeni Goe, Sri Maryati, Rusiyah Rusiyah

Full Text:

PDF

References


Akbar, Muh. N., Dama, L., Ibrahim, M. A., Mabuia, S. A., & Uno, A. H. (2022). Analisis Permasalahan Guru SMA terkait Penggunaan Media Pembelajaran Biologi Selama Proses Pembelajaran Berbasis Hybrid Learning di Kabupaten Bone Bolango. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 4(2), 111–120. https://doi.org/10.31605/ijes.v4i2.1483

Alifah, H. N., Virgianti, U., Sarin, M. I. Z., Hasan, D. A., Fakhriyah, F., & Ismaya, E. A. (2023). Systematic Literature Review: Pengaruh Media Pembelajaran Digital pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(3).

Anas, M., & Jufri, Muh. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Canva Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di MA Hajaratul Akbar. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v4i1.440

Aras, N., Nurdin, H., & Ayu, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Canva terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Batara Gowa Kabupaten Gowa. Jejak Pembelajaran: Jurnal Pengembangan Pendidikan, 7(3).

Aurannisa, A. A., Faizal, M., & Hamdani, A. R. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Siswa Kelas V di SD Negeri 2 Kalapanunggal. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(1).

Azizah, I., & Susanti, R. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Canva Dengan Desain Infografis Dalam Mata Pelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Educatio, 9(2), 458–464. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4798

Beku, V. Y., Ngadha, C., Ndek, F. S., Qondias, D., & Noge, M. D. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Canva terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Flobamorata, 1(3).

Darwis, Atmono, D., Ratumbuysang, M. F. N. G., & Hasanah, M. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MA Ibitidaussalam. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 12(1), 85–91. https://doi.org/10.26740/jupe.v12n1.p85-91

Dewi, E. P., Natalia, K., & Pribadi, T. (2018). Sigi Kelengkapan Media Pembelajaran Geografi pada SMA Negeri di Palangka Raya. Media Komunikasi Geografi, 19(1), 51. https://doi.org/10.23887/mkg.v19i1.13848

Fauziyah, Z., Shofiyuddin, A., & Sukmawati, I. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Ngraho Bojonegoro. SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 3(4).

Hapsari, G. P. P., & Zulherman. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237

Meylinda, M., Putri, D. H., & Risdianto, E. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Animasi Berbasis Canva Terhadap Hasil Belajar Fisika Di SMA Materi Gerak Parabola. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 15(2), 196–203. https://doi.org/10.26877/jp2f.v15i2.17871

Nasution, W. N. A., & Sari, R. M. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Canva dan Wordwall Terhadap Minat dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Darma Agung, 32(2).

Nuraeni, A., Solihatulmilah, E., & Mualimah, E. N. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Canva terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teks Anekdot Fase E 7 SMA Negeri 1 Bayah. JP3M (Jurnal PGSD, PJKR, PPKN dan Matematika), 04(02).

Nurhosen, N., Sayyinul, S., Iskandar, R., Balqis, M., & Surur, M. (2024). Analisis Penerapan Mediap Pembelajaran Berbasis Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan (JKPPK), 2(2).

Prihartini, Y., & Sriyanto. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Terhadap Kreatifitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 10.

Putra, A. M., & Suroso, S. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran Geografi di SMA/MA Nahdatul Wathan Kabupaten Lombok Timur. Educatio, 12(1), 41. https://doi.org/10.29408/edc.v12i1.1322

Randika, R., & Safitri, S. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Canva terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sejarah Lokal di Kelas VIII di SMP Negeri 34 Palembang. Danadyaksa Historica, 3(2), 107. https://doi.org/10.32502/jdh.v3i2.7262

Rohayati, Y., Nuryana, & Wijaya, A. K. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMPN 2 Susukanlebak Kabupaten Cirebon. Social Pedagogy: Journal of Social Science Education, 3(2).

Rohma, A., & Sholihah, U. (2021). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva Materi Bangun Ruang Limas. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 292–306. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i3.pp292-306

Roma, N. L., Thahir, I., & Akram. (2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Canva Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sebagai Media Pembelajaran IPA. COMPASS: Journal of Education and Counselling, 1(2), 181–186. https://doi.org/10.58738/compass.v1i2.301

Safitri, T. M., Dedy, A., & Destiniar. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Canva Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas 3 SD Negeri 2 Kayu Agung. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(3), 548–555. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1382

Sahelatua, L. S., Vitoria, L., & Mislinawati. (2018). Kendala Guru Memanfaatkan Media It Dalam Pembelajaran di SDN 1 Pagar Air Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 3.

Sari, W. M., Hermawansa, & Siska, J. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TJKT SMKN 1 Seluma. Computer and Informatics Education Review – CIER, 4(2).

Sulistiyowati, N., Fajrie, N., & Surachmi W, S. (2023). Efektivitas Media Canva terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Bakaran Wetan 03 Pati. Journal on Education, 05(02).

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (2023).

Wasiyah, Mariati, Fitriana, Y., & Bakara, T. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Aktivitas Mengajar Guru di Kelas. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 205–212. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.227

Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(2), 211. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941

Wiyono, H., Firmansyah, H., Ramadhan, I., Adlika, N. M., Purnama, S., Budiman, J., Sumantri, Putri, R. R., & Febrianti, U. R. (2023). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva bagi Guru MGMP IPS Kabupaten Mempawah. Abdimas Galuh, 5(1), 183. https://doi.org/10.25157/ag.v5i1.9185

Yulianti, A., Fazriyah, N., & Saraswati, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Canva terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(03).




DOI: https://doi.org/10.37905/geojpg.v4i1.31230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Yeni Goe, Sri Maryati, Rusiyah Rusiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.