Analisis Bonus Demografi Ditengah Tingginya Pengangguran Terdidik di Indonesia

Lathifah Aini, Citra Wulandari Manik, Hilkia Natasya Br Ginting, Salsabila Salsabila, Nasrullah Hidayat

Abstract


Bonus demografi memberikan peluang strategis bagi Indonesia untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi melalui dominasi penduduk usia produktif. Namun, tingginya angka pengangguran terdidik menimbulkan paradoks yang menghambat optimalisasi potensi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dinamika bonus demografi di tengah meningkatnya jumlah pengangguran terdidik di Indonesia. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui kajian pustaka, penelitian ini mengkaji kajian teoritis dan empiris terkait mismatch antara sistem pendidikan dan tuntutan pasar kerja. Temuan penelitian menunjukkan bahwa mismatch keterampilan, fluktuasi ekonomi, dan kelemahan kebijakan ketenagakerjaan menjadi kontributor utama tingginya angka pengangguran lulusan SMA dan perguruan tinggi. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang komprehensif, meliputi reformasi pendidikan, peningkatan pelatihan vokasi, penciptaan lapangan kerja yang bermutu, dan integrasi antara pemerintah, industri, dan lembaga pendidikan. Dengan upaya tersebut, bonus demografi dapat ditransformasikan menjadi momentum produktif yang berkelanjutan daripada menjadi beban demografi di masa mendatang.


Keywords


Demographic Bonus, Educated Unemployment, Labor Force

Full Text:

PDF

References


Afryapollo, M. (2024). Mengoptimalkan Bonus Demografi: Peluang dan Tantangan bagi Tenaga Kerja Indonesia. Jurnal Manajemen Riset Bisnis Indonesia, 13(2), 45–60.

Anjarwati, L., & Juliprijanto, W. (2021). Determinan Pengangguran Terdidik Lulusan Perguruan Tinggi Di Pulau JawaTahun 2015-2019. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 10, 178–187.

Fitri, A., & Astuti, D. (2021). nalisis Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Upah Minimum, dan Jumlah Angkatan Kerja terhadap Pengangguran di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 22(1), 1–15.

Islamia, N. A. (2017). Analisis Pengangguran Terdidik Lulusan Universitas Analisis Pengangguran Terdidik Lulusan Universitas. Universitas Islam Indonesia.

Jati, W. R. (2015). Bonus demografi sebagai mesin pertumbuhan ekonomi: Jendela peluang atau jendela bencana di Indonesia. Populasi, 26(1), 1–19.

Junaidi, & Hardiani. (2009). Dasar-Dasar Teori Ekonomi Kependudukan. Hamada Prima.

Karmeli, E., Suprianto, & Rohana, S. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengangguran Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengangguran. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 124–136.

Khaliza, S. U., Yulianti, D., & Karmilasari, V. (2021). Metode Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Menghadapi Bonus Demografi di Provinsi Lampung. Administrativa: Jurnal Birokrasi, Kebijakan Dan Pelayanan Publik, 3(3), 281–295.

Maryati, S. (2015). DINAMIKA PENGANGGURAN TERDIDIK: TANTANGAN MENUJU BONUS DEMOGRAFI DI INDONESIA. ECONOMICA: Journal of Economic and Economic Education., 3(2), 124–136.

Melo, R. H., Lasulika, C., & Saleh, S. E. (2024). Optimalisasi Bonus Demografi Melalui Kebijakan Kependudukan untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Geosfera: Jurnal Penelitian Geografi, 3(2), 123–135.

Nainggolan, F. A., & Budiman, M. A. (2024). ANALISIS POTENSI DAN RESIKO BONUS DEMOGRAFI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, 6(2), 95–104. https://doi.org/10.17509/jpei.v6i2.75220

Nurteta, S. (2021). 1086 | Khazanah Intelektual Volume 5 Nomor 2 Tahun 2021 FAKTOR DAN STRATEGI PENANGGULANGAN PENGANGGURAN TERDIDIK DI PROVINSI JAMBI. Jurnal Khazanah Intelektual, 5(2), 1086–1107.

Purba, S. S., Wasir, R., & Rahmadanti, M. D. (2024). Literature Review: Bonus Demografi Dan Sistem Kesehatan: Bagaimana Mengoptimalkan Peluang Dan Tantangan. Juli: Jurnal Mahasiswa Ilmu Kesehatan, 2(3), 101–115.

Putri, F. R. G., & Suhartini, A. M. (2024). Pengaruh Pengaruh Bonus Demografi Dan Industrialisasi Terhadap Pengangguran Terdidik Usia Muda Di Indonesia Tahun 2018-2022. Seminar Nasional Official Statistics, 2024(1), 269–278. https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2024i1.2152

Putri, H. Y., & Siregar, D. (2022). Kebijakan Ketenagakerjaan di Indonesia dan Bonus Demografi: Tinjauan Strategis. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 11(2), 443–461.

Roespita, D., & Ismiyati, D. (2023). Mismatch dan Overeducation di Pasar Kerja Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan Indonesia, 24(1), 60–75.

Rofiq, A., Saputra, A. D., & Mulyadi, D. (2020). Kesesuaian Kompetensi Lulusan SMK dengan Dunia Kerja di Era Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Vokasi, 10(1), 92–100.

Satyahadewi, N., Amir, A., & Hendrianto, E. (2023). PROYEKSI PENINGKATAN PEREKONOMIAN MELALUI PEMANFAATAN BONUS DEMOGRAFI 2040. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora (KAGANGA), 715–725.

Setiawan, S. A. (2018). Mengoptimalkan Bonus Demografi untuk Mengurangi Tingkat Kemiskinan di Indonesia. Jurnal Analis Kebijakan, 24(1), 75–60.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suhandi, Wijayanto, H., & Olde, S. (2020). DINAMIKA PERMASALAHAN KETENAGAKERJAAN DAN PENGANGGURAN DI INDONESIA. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 13(1), 85–94. https://doi.org/10.46306/jbbe.v13i1.33

Tukiran, Kutanegara, P., Pitoyo, A. J., & Latief, S. (2007). Sumber daya manusia: Tantangan masa depan. Pustaka Pelajar.

Utami, I., Widyastuti, D., & Hakim, A. (2021). Pengaruh Pendidikan Vokasi terhadap Kesesuaian Pekerjaan-Pendidikan di Indonesia. Journal of Applied Economics in Developing Countries, 2(2), 62–70.

Wardhani, A. M., & Nugroho, S. (2020). Efektivitas BLK Komunitas dalam Meningkatkan Kompetensi Tenaga Kerja Muda. Jurnal Kebijakan Pendidikan Dan Ketenagakerjaan, 5(3), 432–440.

Yuliati, R., & Handayani, I. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengangguran Terdidik di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 12(2), 139–150.




DOI: https://doi.org/10.37905/geojpg.v4i1.31656

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Lathifah Aini, Citra Wulandari Manik, Hilkia Natasya Br Ginting, Salsabila Salsabila, Nasrullah Hidayat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.