THE RELATIONSHIP BETWEEN CARING NURSES AND PATIENT SATISFACTION IN THE ER ROOM OF ALOEI SABOE HOSPITAL, GORONTALO CITY

Nasrun Pakaya, Ibrahim Sulemen, Mihrawaty Antu

Abstract


Penerapan Caring dapat dinilai dari sudut pandang pasien dan perawat. Persepsi pasien yang puas dengan caring perawat akan meningkatkan penilaian terhadap kepuasan mereka. Penerapan Caring bagi perawat sangat bermanfaat untuk meningkatkan kepekaan, rasa cinta kasih, hubungan perawat-klien, meningkatkan kepuasan kerja, kepuasan pasien serta profesionalme perawat. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien di ruangan UGD RS. Aloei Saboe Kota Gorontalo. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Aloei Saboe Kota Gorontalo yang waktu penelitiannya disesuaikan dengan jangka waktu penelitian kolaboratif dua bulan terhitung mulai Maret 2022 – April 2022. Desain penelitian ini mengunakan jenis penelitian Cross Sectional dengan opulasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pasien yang masuk di ruangan Unit Gawat Darurat. Teknik pengambilan sampel mengunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 70 responden. Hasil penelitian didapatkan bahwa sebagian besar merasa puas dengan pelayanan dan menilai perawat memiliki Caring yang baik sebesar 92%. Hasil ini meningkat dibandingkan penelitian sebelumnya pada tahun 2020 yang mengatakan bahwa perawat  memiliki perilaku Caring (58,9%) dengan p-value 0.04 lebih kecil dari 0.05. Penelitian ini menggunakan hasil analisis menggunakan uji Fisher’s Exact Test didapatkan nilai p=0,001. Hal ini berarti p-value lebih kecil dari alpha (5%), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien di ruangan UGD  (p=0,001 <0,05).

Kata kunci : Caring ; Kepuasan ; IGD.

Abstract

The application of Caring can be assessed from the point of view of the patient and the nurse. Perceptions of patients who are satisfied with caring nurses will increase the assessment of their satisfaction. The application of Caring for nurses is very useful in increasing sensitivity, love, nurse-client relationships, increase job satisfaction, patient satisfaction, and nurse professionalism. The purpose of this study was to determine the relationship between nurse caring behavior and patient satisfaction in the emergency room of the hospital. Aloei Saboe Gorontalo City. This research was conducted at the Aloei Saboe Hospital, Gorontalo City. The research time was adjusted to a two-month collaborative research period starting from March 2022 – April 2022. The design of this study used a cross sectional research type, with the population in this study being all patients who entered the unit room. Emergency. The sampling technique used purposive sampling with a total sample of 70 respondents. The results of the study found that most were satisfied with the service and assessed that nurses had good Caring 92%. This result is an increase compared to the previous study in 2020, which said that nurses had Caring behavior (58.9%) with a p-value of 0.04 less than 0.05. The results of the study using the analysis of Fisher's Exact Test the results obtained p value = 0.001. This means that the p-value is smaller than the alpha (5%), so it can be concluded that there is a significant relationship between nurse caring behavior and patient satisfaction in the emergency room (p=0.001 <0.05).

Keywords


Caring; Satisfaction; IGD.

Full Text:

PDF

References


Kementrian Kesehatan RI. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 856/Menkes/SK/IX/2009 tentang Standar Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit. Retrieved from http://www.depkes.go.id.

Putinah. Gambaran Perilaku CaringPerawat Di Ruang Unit Gawat Darurat Dan Intensife Care Unit Rumah Sakit Islam Siti Khadidjah Palembang. Jurnal Keperawatan Bina Husada, 8 No. 3.

Winata BAP. Hubungan Penegtahuan Perawat Tentang Triage Dengan Triage Time Di Ruang Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Wilayah Kabupaten Jember (Universitas Jember). Retrieved from http://repository.unej.ac.id/.

Sari, I. P. & R. Hunungan Beban Kerja Dengan Stres Kerja Perawat Di RSI Nashrul Ummah Lamongan. Hospital Majapahit, 12 No. 1.

Depkes R. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 129 Tahun 2008 Mengenai Standar Pelayanan Minimal. ,.

Wahyudi. Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Perilaku Caring Perawat di Ruang Perawatan Interna RSUD Sinjai. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Potter & P. Fundamental Of Nursing : Konsep, Proses dan Praktik (7th ed.). Jakarta: EGC.

Watson J. Nursing: The philosophy and science of caring. Boston: Little, Brown and Company.

Sangkala, F., Irwan, A. M., & Tahir T. Uji Validitas Dan Reabilitas Caring Behaviors Inventory (CBI) di Beberapa Negara : Literature Review. Jurnal Keperawatan Muhamamadiyah, 3 (2).

Fedora L. Pengembangan Caring CodeE Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara. Universitas Sumatera Utara.

Sugiyarto, Anggayuni, I., Ulun, A. Q., Permatasari, D. P., & Safitri WA. Perilaku Caring Perawat Dalam Menurunkan Tingkat Kecemasan Pada Keluarga Pasien Yang Di Rawat Di Intensive Care Unit (ICU). Jurnal Perawat Indonesia, 5 No. 1, 629–640.

Afrini S. Gambaran Perilaku Caring Perawat Di Ruang Rawat Inap RSUP Dr. M. Djamil Padang. Universitas Andalas.

Nur R. Hubungan Pendidikan Dan Lama Perawatan Dengan Persepsi Pasien Terhadap Perilaku Caring Perawat Di Ruang Bedah Dan Interna RSUD Prof. Dr. H. Aloei Saboe Kota Gorontalo. Skripsi. Universitas Negeri Gorontalo.

Martauli, V., & Afifah E. Gambaran perilaku caring perawat di Ruang Rawat Inap Bedah dan Penyakit dalam Rumah Sakit “T” Jakarta.

Kementrian Kesehatan RI. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit. 2009.

Yunita, S., & Hariadi P. Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Permata Bunda Medan Tahun 2019. Indonesian Trust Health Journal, 2(1).

Suweko & W. Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap : Literatur Review. Stikes Muhammadiyah Kudus.

Nursalam. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis (5th ed.; P. P. Lestari, Ed.). Jakarta: Salemba Medika.

Kotler. Manajemen Pemasaran. 11th ed. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.; 2015.

Wuwung, E. C. Q., Gannika, L., & Karundeng M. Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien. Jurnal Keperawatan (JKp)), 8(1).

Kalsum. Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Perawatan Teratai Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati. Retrieved from http://scholar.google.co.id.

Watson J. Human Caring Science : a theory of nursing. 2nd ed. USA: Jones & Barlett Learning; 2012.

Arianti, April, T., & Aini N. Perilaku Caring Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Pelayanan Keperawatan. Jurnal Universitas Muhammadiyah Malang, 9(1).




DOI: https://doi.org/10.35971/gojhes.v6i3.16350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.