HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN KONTROL DIRI DALAM TINDAKAN AGRESIVITAS DI MEDIA SOSIAL PADA KELUARGA YANG MEMILIKI REMAJA DI WILAYAH ASTAMBUL

Yohana Agustina Sitanggang, Tiara Lani, Raziansyah Raziansyah

Abstract


Perilaku agresi menjadi salah satu bagian dari kenakalan remaja yang perlu diberi tindakan yang sangat berarti untuk mengurangi dampak buruk yang muncul bagi pelaku maupun korbannya. Jenis perilaku agresi yang dilakukan oleh remaja sudah banyak ditemukan berupa perilaku agresi yang dilakukan secara tidak langsung yakni perilaku agresi yang terjadi di media sosial. Kontrol diri merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi agresivitas verbal seseorang, dimana kontrol diri merupakan hal internal penghambat pelepasan kecenderungan respons agresi, kontrol diri tidak lepas dari konsep diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan kontrol diri dalam tindakan agresivitas di media sosial pada keluarga yang memiliki remaja. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jenis penelitian korelasional, teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling, dengan populasi sebanyak 787 remaja dengan jumlah sampel sebanyak 108 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang dikembangkan oleh peneliti dan telah diuji validitas dan reabilitas. Teknik analisis data menggunakan Spearman’s Rho. Hasil dari penelitian menunjukkan ada hubungan antara konsep diri dengan kontrol diri dalam tindakan agresivitas remaja di media sosial dengan tingkat kemaknaaan p = 0,03 < 0,05 dengan tingkat kekuatan korelasi lemah yaitu -207. Kesimpulan penelitian ini yaitu Sebagian besar tindakan agresivitas remaja di media sosial dalam kategori tinggi dan sebagian besar konsep diri remaja dalam kategori negative serta ada hubungan antara konsep diri dengan kontrol diri terhadap tindakan agresivitas verbal pada remaja di media sosial.


Keywords


Agresivitas; Konsep Diri; Remaja.

Full Text:

PDF

References


Pusat Data Dan Ekonomi Bisnis Indonesia [Internet]. [cited 2021 Apr 19]. Available from: https://databoks.katadata.co.id/Datapublish/2021/11/15/Ada-91-JutaPengguna-Instagram-Di-Indonesia-Mayoritas-Usia-Berapa.

Santrock J. Child development. 11th Edition. Boston: McGraw-Hill;

Oktaviani H, Ningsih YT. Hubungan antara kontrol diri dengan kecenderungan agresi verbal pada remaja pengguna media sosial instagram. Socio Hum [Internet]. 2021;3(1):43–52. Available from: http://ejournal.pamaaksara.org/index.php/sohum

Sentana MA, Kumala ID. Agresivitas dan Kontrol Diri pada Remaja di Banda Aceh. J Sains Psikol. 2017;6(2):51–5.

Alif M, Rosyad A, Saragih S, Ariyanto EA, Psikologi F. Konsep diri dan kecenderungan melakukan agresivitas verbal pada remaja pengguna media sosial. Inn J Psychol Res. 2021;1(3):128–36.

Soeli YM, Hunawa RD, Rahim NK, Pakaya AW, Yusuf NAR. Gambaran Mental Health Dosen Kesehatan Overview Of Mental Health Lecturers In Gorontalo Province. Gorontalo J Heal Sci Communityo. 2023;1–10.

Krahe B. Perilaku Agresif: Buku Panduan Psikologi Sosial. Alih Bahasa : Helly Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2005.

Dalami E, DKK. Asuhan Keperawatan Jiwa dengan Masalah Psikososial. Jakarta: Trans Info Media; 2009.

Myers D. Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Medika; 2012.

Sikape HJ. Persepsi Komunikasi Pada Pengguna Media Sosial pada Blackberry Messenger, Twitter, dan Facebook Oleh Siswa SMAN 1 Tahuna. Acta Diurna. 2014;III(3):1–9.

Auliya M, Nurwidawati D. Hubungan Kontrol Diri Dengan Perilaku Agresi pada Siswa SMA Negeri 1 Padangan Bojonegoro. J Character [Internet]. 2014;2(3):1–6. Available from: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/10992

Firmawati, Biahimo NUI, Mohi T. The Effect Of Family Support, The Environment And Medication Adherence To Medication Levels Recurrence In Mental Patients In The Working Area Of The Limboto Health Center. Jambura J Heal Sci Res. 2023;5(1):295–308.

Hutagalung I. Pengembangan kepribadian tinjauan praktis menuju pribadi positif. Jakarta; 2007.

Dayaksini T, Hudaniah. Psikologi Sosial Edisi Revisi. Malang: UPT Penerbitan Univeritas Muhammadiyah Malang; 2006.




DOI: https://doi.org/10.35971/gojhes.v7i2.18589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.