PERSEPSI PASIEN PESERTA BPJS PENERIMA BANTUAN IURAN (PBI) TERHADAP KEPUASAN PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS TOTO UTARA

Irmawati Djafar, Irwan Irwan, Lia Amalia

Abstract


Kepuasan pasien ialah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja pelayanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkannya dengan apa yang diharapkannya. Kebaruan dalam penelitian ini adalah persepsi pasien peserta BPJS penerima bantuan iuran (PBI) terhadap kepuasan pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian mendeskripsikan persepsi pasien peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Penerima Bantuan Iuran (PBI) terhadap kepuasan pelayanan kesehatan Di Puskesmas Toto Utara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan kunci adalah kepala tata usaha, satu tenaga perawat, satu dokter satu tenaga teknisi kefarmasian dan informan biasa adalah sembilan pasien peserta BPJS PBI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pasien memiliki persepsi yang baik terhadap prosedur pelayanan, pemeriksaan dokter, serta pelayanan BPJS PBI yang diberikan oleh perawat, dokter dan kefarmasian. Adapun pasien yang memiliki persepsi kurang baik yakni terhadap pelaksanaan pemeriksaan bagian perawat, ketepatan waktu pelayanan, serta jumlah tenaga dokter dan kefarmasian yang masih kurang. Kesimpulan bahwa pasien memiliki persepsi baik dan kurang baik. Persepsi yang baik yakni prosedur pelayanan, pemeriksaan dokter serta pelayanan BPJS PBI yang diberikan oleh perawat, dokter dan tenaga kefarmasian. Sedangkan untuk persepsi yang kurang baik yaitu pemeriksaan oleh perawat, ketepatan waktu pelayanan yang cukup lama yang diberikan oleh perawat, dokter dan kefarmasian.


Keywords


BPJS Kesehatan; Kepuasan Pasien; Persepsi Pasien;

Full Text:

PDF

References


Mariyam S. 886-2740-1-Pb. 2018;7(2):36–42.

Irwan. Metode Penelitian Kesehatan. Gorontalo: Zahir Publishing; 2021. 73–83 p.

Rodhiyatun 1, Edi Woeryanto2 TNH. Persespi Pasien Tentang Hospiyality Terhadap Kepuasan Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam Kendal. Pros Konf Nas Ii Ppni Jawa Teng 2014. 2014;292–7.

Rasnidiati KAP. Persepsi Pasien terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Pada Puskesmas di Kabupaten Buleleng. J Ilm Manaj Publik dan Kebijak Sos. 2020;4(1):1–18.

Utama PY, Apriatni EP, Listyorini S. Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang Abstraksi Pendahuluan Saat Ini Perkembangan Sektor Jasa Semakin Meningkat , Kontribusi Sektor Jasa Bagi Pertumbuhan Ekonomi Menghadapi Persaingan Dengan Kompetitor . Kajian Teori Pemasaran Jasa Industri Jasa Pada Sa. 2013;1–9.

Sudrajat A. Analisa tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pendaftaran online bpjs kesehatan. 2016;(November 2016).

Uny FE. Analisis Kualitas Pelayanan Pendidikan Dengan Menggunakan Gap Analysis Dan Importance Performance Analysis And Importance Performance Analysis ( Ipa ) At The Study. 2015;122–33.

Saputra S, Studi P, Bisnis DM. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran Volume 9 , Nomor 2 , September 2019 Issn : 2087-3077 Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Grand Setiabudi Hotel & Apartment Email : Suparnosaputra@Poltekpos.Ac.Id Email : Yulistianis98resty@Gmail.Com Jurna. 2019;9(September):21–31.

Indrawati AD. Dan Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Sakit Swasta. 2014;135–42.

Noermalitasari E, Wahyuni S, Nugroho JA. Analisis Kualitas Pelayanan Pendidikan Pada Smk Batik 1 Surakarta. 2015;(November).

Amanullah R, Wigati PA. Analisis Kesesuaian antara Harapan dan Kenyataan Karyawan dari Aspek Organisasi di Puskesmas Bulu Lor Semarang Suitability Analysis between Expectations and Reality of Employee from Organizational Aspect at Bulu Lor Public Health Center in Semarang. 2014;2.

Sutinah E, Simamora OR. Metode Fuzzy Servqual Dalam Mengukur Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Layanan BPJS Kesehatan. 2018;5(1):90–101.

Niranjan Banik. Dkk. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2013 Tentang Pelayanan Kesehatan Pada Jaminan Kesehatan Nasional. 2013;

Akhmad AD, Dirga, K SM, Adliani N, Sukrasno. Tingkat Kepuasan Konsumen Apotek terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Kecamatan Sukarame. J Farm Malahayati [Internet]. 2019;2(kepuasan konsumen):86–98. Available from: ejurnalmalahayati.ac.id › farmasi › article › download%0A

Stevani H, Putri AN, Side S. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Doi-Doi Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru. Media Farm. 2018;14(1):1.

Novaryatiin S, Ardhany SD, Aliyah S. Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di RSUD Dr. Murjani Sampit. Borneo J Pharm. 2018;1(1):22–6.




DOI: https://doi.org/10.35971/gojhes.v7i4.20596

Refbacks

  • There are currently no refbacks.