KORELASI ANTARA PENGGUNA TELEPON GENGGAM DENGAN KUALITAS BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 KOTA GORONTALO

Angelina Liwongan, Linda Budiarso

Abstract


Siswa dari segala usia, bahkan di sekolah menengah dapat menggunakan alat seperti ponsel untuk melengkapi pendidikan mereka berkat perkembangan teknologi terkini. Pandemi juga mengakhiri pengajaran di ruang kelas yang tradisional sehingga membuka pintu bagi alternatif online yang dilengkapi telepon genggam. Penelitian ini menarik karena mengkaji hubungan antara kepemilikan telepon genggam dan kinerja akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan penggunaan telepon genggam dengan prestasi akademik pada siswa SMP Negeri 1 Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasional. Siswa kelas tujuh sampai sembilan di SMP Negeri 1 Kota Gorontalo dijadikan sampel dalam penelitian ini, yang berjumlah 221 orang. Survei dikirimkan menggunakan Google Form, dan penelitian dilakukan secara online. Uji Chi-square digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian ditemukan 62,1% pengguna telepon genggam memiliki nilai di atas rata-rata, sementara 37,9% memiliki nilai di bawah rata-rata. Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan telepon genggam dan kinerja akademik dengan nilai P-value sebesar 0,130 (P>0,005). Kesimpulan penelitian ini tidak terdapat hubungan antara penggunaan telepon genggam dan kinerja akademik.


Keywords


Kualitas belajar; Telepon genggam; Siswa.

Full Text:

PDF

References


Lepp A, Barkley JE, Karpinski AC. The Relationship Between Cell Phone Use and Academic Performance in a Sample of U.S. College Students. SAGE Open [Internet]. 1 Maret 2015;5(1):215824401557316. Tersedia pada: http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/2158244015573169

Hasibuan A, Sulaiman OK. Smart Cit, Konsep Kota Cerdas Sebagai Alternatif Penyelesaian Masalah Perkotaan Kabupaten/Kota, di Kota-Kota Besar Provinsi Sumatera Utara. Bul Utama Tek [Internet]. 2019;14(2):127–35. Tersedia pada: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/1097

Sapci O, Elhai JD, Amialchuk A, Montag C. The relationship between smartphone use and students` academic performance. Learn Individ Differ [Internet]. Juli 2021;89:102035. Tersedia pada: https://linkinghub.elsevier.com/retrieve/pii/S1041608021000728

Simin S. Smartphone, Generasi Alpha, dan Pembelajaran Matematika: Suatu Kajian Literatur. In: Prosiding Seminar Nasional Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi : kampus merdeka meningkatkan kecerdasan sumberdaya manusia melalui interdispliner ilmu pengetahuan dan teknologi : Pontianak, 24 Agustus 2021 [Internet]. Untan Press; 2021. hal. 17–30. Tersedia pada: http://upp.untan.ac.id/index.php/pipt/article/view/46

Yuniarty S, Ramadhan R, Fitlya R. Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar pada Siswa SMP Negeri 22 Pontianak. J Psikol Mandala. 2023;7(1).

Ihwan Mahmudi, Muh. Zidni Athoillah, Eko Bowo Wicaksono, Amir Reza Kusuma. Taksonomi Hasil Belajar Menurut Benyamin S. Bloom. J Multidisiplin Madani [Internet]. 30 September 2022;2(9):3507–14. Tersedia pada: https://journal.formosapublisher.org/index.php/mudima/article/view/1132

Wahyuni S, DW P. Hubungan Penggunaan Smartphone dengan Tingkat Prestasi Belajar Siswa Di SMK Muhammadiyah Cawas. INVOLUSI J Ilmu Kebidanan. 2020;10(2):1–8.

Andini A, Novitri D, Lestari D. Dampak Penggunaan Handphone terhadap Aktivitas Belajar Siswa Siswi Sekolah Menengah Pertama di Kota Medan. J Ilmu Komputer, Ekon dan Manaj. 2023;3(2):551–63.

Hudaya A. Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin Dan Minat Belajar Peserta Didik. Res Dev J Educ [Internet]. 31 Desember 2018;4(2). Tersedia pada: https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE/article/view/3380

Pramesti JA. Hubungan Lama Penggunaan Gedget Dengan Prestasi Belajar Pada Anak Siswa Siswi Kelas IV dan V Di Sekolah Dasar Negeri Slambur Kabupaten Madiun. Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun; 2019.

Okta D. Hubungan Penggunaan Handphone Terhadap Hasil Belajar Siswa SMPN 7 Bengkulu Selatan. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu; 2020.

Ng SF, Che-Hassan NSI, Mohammad-Nor NH, Abdul-Malek NA. The Relationship Between Smartphone Use and Academic Performance: A Case of Students in a Malaysian Tertiary Institution. Malaysian Online J Educ Technol [Internet]. 2017;5(4):72. Tersedia pada: http://www.mojet.net/frontend//articles/pdf/v5i4/v05i04-05pdf.pdf

Amez S, Baert S. Smartphone use and academic performance: A literature review. Int J Educ Res [Internet]. 2020;103:101618. Tersedia pada: https://linkinghub.elsevier.com/retrieve/pii/S0883035520303487

Nizar A, Hajaroh S. Pengaruh Intensitas Penggunaan Game Gadget Terhadap Minat Belajar Siswa. J PGMI. 2019;11(2):125–9.

Suleman I, Lewo TAF, Firsandi MR. Hubungan Lama Penggunaan Smartphone Sebelum Tidur Dengan Gejala Insomnia Pada Remaja Kelas X Sma Negeri 3 Gorontalo. Gorontalo J Heal Sci Community. 2023;7(3).

Astuti ER, Zakaria R. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Akademik. J Heal Sci Gorontalo J Heal Sci Community [Internet]. 22 April 2021;5(1):222–8. Tersedia pada: https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/gojhes/article/view/10276




DOI: https://doi.org/10.35971/gojhes.v7i4.20897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.