BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PELAYANAN ANC DI BIDAN DESA KUNGKAI KECAMATAN BANGKO WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANGKO TAHUN 2017
Abstract
kesehatan yang sampai saat ini belum dapat diatasi secara tuntas. Untuk itu
pemerintah mengadakan suatu program salah satunya adalah program ante natal
care. Untuk mengetahui berhasilnya program pelayanan antenatal care dilakukan
dengan pendataan cakupan antenatal care. Berdasarkan survei awal yang telah
dilakukan di Bidan Desa Kungkai Tahun 2017 terdapat rendahnya cakupan
pelayanan antenatal care. Maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui beberapa
faktor yang berhubungan dengan kepuasan pelayanan ANC di Bidan Desa
Kungkai Kecamatan Bangko wilayah kerja Puskemas Bangko tahun 2017.
Penelitian ini menggunakan metode analitik menggunakan rancangan
cross sectional. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh ibu hamil yang
memeriksakan kehamilan di Bidan Desa Kungkai Kecamatan Bangko Tahun 2017
yang berjumlah 64 orang.Hasil penelitian didapatkan dari 64 orang ibu hamil
tersebut dilihat dari IKM setelah dikonversi yaitu 56,6 dengan mutu pelayanan C
kinerja unit pelayanan kurang puas. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan kuesioner, pengolahan data dengan manual, analisis data bivariat
dengan Chi Square Test.
Hasil analisis menunjukkan ada hubungan antara umur, pendidikan dan
status pekerjaan dengan kepuasan terhadap pelayanan ANC di Bidan Desa
Kungkai Tahun 2017. Penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh bidan
desa supaya dapat memberikan pelayanan yang bermutu untuk meningkatkan
derajat kesehatan masyarakat di Desa Kungkai Kabupaten Merangin.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kemenkes RI dan BKKBN. Survei
Demografi Kesehatan Indonesia.
Jakarta; 2012.
Salmah & Rusmiati. Asuhan
Kebidanan Antenatal. Jakarta.
EGC; 2006.
Dinas Kesehatan Propinsi Jambi.
Buku Profil Kesehatan Provinsi
Jambi 2014. Jambi; 2014.
Saifudin, AB. Buku Acuan
Nasional Pelayanan Kesehatan
Maternal dan Neonatus. Jakarta:
Bina Pustaka Prawirohardjo;
United Nations. Millenium
Development Goals 2013. New
York: UN; 2013.
Departemen Kesehatan RI. Profil
Kesehatan Indonesia Tahun 2014.
Jakarta: Kemenkes; 2014.
PohanI.Jaminan mutu layanan
kesehatan. Jakarta: EGC; 2007.
Hafizurrachman. Pengukuran
Kepuasan Suatu Institusi
Kesehatan. Majalah Kedokteran
Indonesia.2004; 54(7).
Suryadi. Analisis Pengaruh
Persepsi Mutu Layanan Antenatal
Care (ANC) Terhadap Kepuasan
Ibu Hamil di Pskesmas
Lamepayung Kabupaten
Kuningan Propinsi Jawa Barat,
Unipersitas Diponegoro,
Semarang; 2009.
LoudonDLandDella BittaA.
Consumer Behaviour: Concepts
and Applications; 1988.
Putri EC (2012) Faktor-faktor
Kepuas an Ibu Hamil
padaPelayanan Antenatal
CareDan Post Persalinan Di RB
Srilumintu Surakarta. Tesis.
Surakarta: UMS; 2012.
DOI: https://doi.org/10.35971/gojhes.v1i1.2129
Refbacks
- There are currently no refbacks.