GAMBARAN LEUKOSIT URINE MAHASISWI PENGGUNA PANTYLINER DENGAN METODE CARIK CELUP DAN MIKROSKOPIK

Renita Sari, Tiara Dini Harlita, Ganea Qorry Aina

Abstract


Keputihan yang tidak diperhatikan dengan baik dapat meningkatkan leukosit dalam urine, menandakan infeksi saluran kemih (ISK). Penggunaan pantyliner dalam waktu yang lama dapat meningkatkan kelembaban dan pH di area vulva dan perineum, berpotensi menyebabkan pertumbuhan bakteri dan jamur sehingga terjadi peningkatan leukosit. Adanya peningkatan leukosit pada urine mengakibatkan terjadinya ISK dan infeksi genital. Kebaruan penelitian ini melihat gambaran kadar leukosit urine mahasiswi yang menggunakan pantyliner menggunakan metode carik celup dan mikroskopik. Penelitian ini dilengkapi dengan sertifikat rekomendasi uji etik dan bertujuan untuk mengetahui gambaran dari leukosit urine pengguna Pantyliner pada mahasiswi Program Studi Diploma III Teknologi Laboratorium Medis dengan metode carik celup dan mikroskopik. Metode penelitian menggunakan deskriptif observasional. Sampel yang digunakan adalah urine midstream yang diambil dari 30 responden mahasiswa program studi D-III Teknologi Laboratorium Medis tingkat 1 dan tingkat 2 Politeknik Kesehatan Kemenkes Kalimantan Timur yang menggunakan pantyliner yang diambil dengan menggunakan informed consent. Sampel diperiksa dengan metode carik celup dan mikroskopik. Data dianalisis secara univariate. Hasil observasi menunjukkan bahwa sebagian besar pengguna pantyliner atau 29 orang tidak berisiko karena menjaga personal hygiene dengan baik (97%), Sebagian pengguna pantyliner atau 23 orang juga tidak berisiko dalam hal lama penggunaan pantyliner (77%) dan sebagian besar responden atau 25 orang berisiko dalam hal penggunaan jenis pantyliner dengan benar (84%). Kesimpulan menunjukkan hasil pemeriksaan leukosit urine dengan metode carik celup dan mikroskopik menunjukkan hasil normal.


Keywords


Carik Celup; Leukosit; Mikroskopik; Pantyliner; Urine.

Full Text:

PDF

References


Indarna AA, Lediawati L. Usia Menarche dan Lamanya Menstruasi dengan Kejadian Dismenore Primer Pada Siswi Kelas X Di SMK Kesehatan Bhakti Kencana Subang. J Nurs Public Heal. 2021;Vol. 9(Oktober):1–7.

Irwan, Mahdang PA, Lalu NAS. Behavioral Relationships Maintenance Of Reproductive Health Against The Incidence Of Sexually Transmitted Infections. Int J Heal Sci Med Res. 2022;1(2):73–82.

Suma J, Badjuka BY, Age SP, Hasan R, Lingkungan JS, Kementrian PK. Empowering The Role Of Pmo Through Education On Household Transmission And Giving Vitamins In Reducing The Number Of Sufferers Pulmonary TB In Kabila District. JPKM J Pengabdi Kesehat Masy. 2022;120–33.

Saraswati D, Martini, Sawaraswati LD. Gambaran Leukosituria Tanda Infeksi Saluran Kemih Pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe-2 (Studi Di Wilayah Kerja Puskesmas Ngesrep). J Kesehat Masy. 2018;6(1):225–35.

Anggraini DA. Hubungan Penggunaan Panty Lyner Dengan Kejadian Keputihan Pada Remaja Putri. 2021;

Sunaidi Y, Putri Maharani Mansyur D. Pemeriksaan Leukosit Urin Terhadap Bakteri Penyebab Infeksi Saluran Kemih Di Pondok Tahfidz Ahlul Qur’an Putri Examination of Urinary Leukocytes on Bacteria Causing Urinary Tract Infections At Tahfidz Ahlul Qur’an Putri Private Vocational School. J Pengabdi Kpd Masy Kesehat. 2022;2:2807–3134.

Ramadhan Batubara A. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Keputihan (Flour Albus) pada Remaja Putri di Pesantren Modern Al-Zahrah Bireuen Factors Related to the Event of Vaginal Discharge (Flour Albus) in Adolescent Women in the Modern Islamic Boarding School Al-Zah. J Heal Technol Med. 2022;8(2):2615–109.

Astuti DW. Penggunaan Panty Liner Dengan Kejadian Keputihan Di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Nurs Arts. 2016;2(1):11–4.

- I-, Hasanah R-. Hubungan Antara Penggunaan Panty Liner Dengan Kejadian Fluor Albus Pada Remaja Putri Di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Phot J Sain dan Kesehat. 2018 Oct;9(1):63–75.

Kistina EY, Afridah W. BIOGRAPH-I : Journal of Biostatistics and Demographic Dynamic Literature Review : Kebiasaan Penggunaan Pantyliner Pada Remaja Putri Yang Mengalami Keputihan Literature Review : The Habit of Using Pantyliners in Young Women Who. J Biostat Demogr Dyn. 2021;1(1):2–6.

Hartoyo E. Infeksi Pada Remaja. 2022. p. 87.

Putri IR. Akurasi Pemeriksaan Carik Celup Untuk Deteksi Dini Bakteriuria Bermakna Pada Anak Pengguna Popok Sekali Pakai. 2019.

Nabila I. Manfaat Pemakaian Pembalut Herbal Untuk Mencegah Infeksi Saluran Kemih. Program Studi Kedokteran Dan Profesi Doktor Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. 2015.

wahyu Febriyanti, Henny Sulistyawati PDM. Asuhan Kebidanan Komprehensif Pada Ny “L” Kehamilan Normal Dengan Flour Albus Di PMB Nur Hayati STr. Keb Desa Jogoroto Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang. 2018;(1):1–3.

Yusnita R, Irpansyan N. Efektifitas Health Education Terhadap Pengetahuan Tentang Personal Hygiene Pada Siswa. J Heal Sci Gorontalo J Heal Sci Community [Internet]. 2021 Oct 21;5(2):270–7. Available from: https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/gojhes/article/view/10030

Ritonga TP. Analisis Jumlah Leukosit Urine Penderita Diabetes Mellitus di Rumah Sakit Estomihi Kota Medan. 2022;

Mita Wijayanti, Tri Susilowati. Hubungan Pengetahuan Tentang Keputihan dengan Perilaku Penggunaan Pantyliner pada Remaja Putri. SEHATMAS J Ilm Kesehat Masy. 2022;1(4):539–46.

Susanti EM, Wijaya PS. Perbedaan Penggunaan Pembalut Dan Pantyliner Jenis Biasa, Herbal, Dan Kain Dengan Kejadian Keputihan. Indones J Kebidanan. 2018 May;2(1):31.




DOI: https://doi.org/10.35971/gojhes.v8i2.21930

Refbacks

  • There are currently no refbacks.