ANALISIS RESPON STRES MAHASISWA DALAM PENYUSUNAN SKRIPSI DI FKIP UNIVERSITAS SILIWANGI

Sitty Hana Annisa Fukui

Abstract


Stres telah menjadi hambatan nomor satu pada prestasi akademis mahasiswa. Sebagian besar itu timbul dari ketegangan yang disebabkan oleh tuntutan akademik dalam penyelesaian skripsi. Saat ini tingkat stress akademik mahasiswa semester 8 dan di atasnya dari program studi eksakta  telah ditemukan respon heterogen berkategori ringan dan sedang yang teridentifikasi dari gejala fisik, psikologi dan perilaku stres. Kebaruan penelitian adalah menekankan pada respon stres akademik mahasiswa hanya semester 8 yang sedang penyelesaian skripsi dari program studi pendidikan eksakta dan non eksakta. Penelitian bertujuan menganalisis respon homogen stres mahasiswa dalam penyelesaian skripsi di FKIP Universitas Siliwangi. Metode Penelitian menggunakan desain deskriptif kualitatif dengan populasi 363 mahasiswa angkatan 2020 dari program studi eksakta dan noneksakta. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan 190 sampel. Instrumen penelitian adalah kuesioner Depression Anxiety Stress Scale 42 (DASS 42). Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat. Hasil penelitian yaitu Mahasiswa eksakta yang sedang penyelesaian skripsi mempunyai tingkat respon stres akademik berkategori sedang yang didominasi oleh gejala psikologi stres. Pencapaian respon stress ini linier dengan karakteristik stres akademik mahasiswa berdasarkan jenis kelamin perempuan dan Program Studi Pendidikan Fisika, Matematika dan Biologi. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (non eksakta) dan karakteristik stres mahasiswa berdasarkan usia dan lama kerja didominasi tingkat respon stres mahasiswa berkategori ringan. Kesimpulan yaitu Gejala psikologi stres sebagian besar mahasiswa semester 8 bersumber dari perasaan terbebani penyusunan skripsi, tertekan dari dosen pembimbing dan kecemasan dari teman angkatan.


Keywords


Stres; Mahasiswa; Skripsi.

Full Text:

PDF

References


Nur Fauziyah D, Apipudin A, Nurapandi A, Rahmawati E. The Corporate Mechanism Relationship with Stress Levels in Final State Students of Nursing. Asy-Syifa J Sci Technol Nurs. 2024;2(1):19–23.

Zavaleta JC, Alva RY, Vargas SV, Medina EF, Somoza YP, Andrade-Arenas L. Relationship between Stress and Academic Performance: An Analysis in Virtual Mode. Int J Adv Comput Sci Appl. 2021;12(12):823–33.

Domaley VL, Senyametor F, Yusif BD, Antwia A, Nkrumah K. Relationship between Academic Stress and Thesis Completion among University Postgraduate Students. Asian J Educ Soc Stud. 2023;41(2):7–21.

Merry, Mamahit HC. Stres Akademik Mahasiswa Aktif Angkatan 2018 dan 2019 Universitas Swasta di DKI Jakarta. J Konseling Indones. 2020;6(1):6–13.

Mestizo MM, Putri NA, Maulani DR, Ahmad F. Menjaga Kesehatan Mental Mahasiswa di Jawa Barat Dengan Program Jabar Katalunya. Konf Nas …. 2023;2(1):374–9.

Susilo TEP, Eldawaty. Tingkat Kecemasan Mahasiswa Dalam Penyusunan Skripsi Di Prodi Penjaskesrek Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. Cons J Ilm BK. 2021;4(2):105–13.

Hariaty, Elita V, Dilaluri A. Gambaran Stres Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Yang Sedang Mengerjakan Skripsi. J Keperawatan Prof. 2023;11(1):1–7.

Yuda MP, Mawarti I, Mutmainnah M. Gambaran Tingkat Stres Akademik Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir Skripsi Di Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi. Pinang Masak Nurs J. 2023;2(1).

Lestari AK, Hastuti MMS. Hubungan Antara Tingkat Stres dengan Motivasi Penyusunan Skripsi Pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Angkatan 2019 Universitas Sanata Dharma. J Konseling dan Pengemb Pribadi. 2023;5(2):17–25.

Dwiputri A. R, Fairus Prihatin Idris, Fatmah Afrianty Gobel, Andi Asrina, Harpiana Rahman. Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stres Mahasiswa Dalam Menyusun Skripsi. Wind Public Heal J. 2023;4(4):567–77.

Novitarum L, Derang I, Hasibuan GF. The relationship of self-disclosure with stress level on final level students in doing thesis at Stikes Santa Elisabeth Medan in 2021. J EduHealth. 2022;13(01):129–36.

Maulina, Zaiyati N, Ridwan A. Stress Level of Nursing Students in Completing Final Project. J Bionursing. 2023;5(2):95–104.

Kurniawati W, Setyaningsih R. Manajemen Stress Pada Mahasiswa Tingkat Akhir dalam Penyusunan Skripsi. J An-Nur Kaji Pendidik dan Ilmu Keislam. 2020;5(3):248–53.

Dodi Sukma R.A, Hardianto R, Heleni Filtri. Analisa Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Pada Era Pandemi COVID-19. Zo J Sist Inf. 2021;3(2):130–42.

Rosalia Juwita Putri INPR. Tingkat stres saat menyusun skripsi: Bagaimana peran motivasi belajar dan dukungansosialnya? Sukma J Penelit Psikol. 2023;4(02):305–15.

Nabila N, Sayekti A. Manajemen Stres pada Mahasiswa dalam Penyusunan Skripsi di Institut Pertanian Bogor. J Manaj dan Organ. 2021;12(2):156–65.

Septyari NM, Adiputra IMS, Devhy NLP. Tingkat Stres dan Mekanisme Koping Mahasiswa dalam Penyusunan Skripsi pada Masa Pandemi. J Akad Baiturrahim Jambi. 2022;11(1):14–22.

Aulia S, Panjaitan RU. Kesejahteraan psikologis dan tingkat stres pada mahasiswa tingkat akhir. J Keperawatan Jiwa. 2019;7(2):127–34.

Apipudin A, Rahman IA, Suarningsih PA. Stres Level Overview Of Level Iv Students In Completing The Thesis At Stikes Muhammadiyah Ciamis. J Stikes Muhammadiyah Ciamis J Kesehat. 2021;8(2):37–49.

Latief N, Pramono A, Habradi A. Analisis Penyebab Penghambat Penyelesaian Skripsi Terhadap Masa Studi Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. JoVIJOURNAL Vocat Instr. 2023;2(1):51–6.

Yusnita R. Pengaruh Management Stress Terhadap Tingkat Kecemasan Masyarakat Dalam Pandemic Covid 19. J Heal Sci Gorontalo J Heal Sci Community [Internet]. 2021 Oct 26;5(2):288–95. Available from: https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/gojhes/article/view/11574

Wulandari R, Ridlo S, Isnaeni W. Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Penyelesaian Skripsi Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Negeri Semarang. J Pendidik Biol. 2020;12(1):8–15.

Yuniati D, Sriyono S, Ngazizah N. Efektivitas Metode Eksperimen dan Demonstrasi dalam Meningkatkan Keterampilan Observasi Objek Fisika Ditinjau dari Perbedaan Gender. Radiasi J Berk Pendidik Fis. 2020;13(1):1–6.




DOI: https://doi.org/10.35971/gojhes.v8i3.26393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.