PENGARUH SENAM HAMIL TERHADAP NYERI PUNGGUNG BAWAH PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DI PUSKESMAS PUTRI AYU KOTA JAMBI TAHUN 2019

Dewi Nopiska Lilis

Abstract


Latar belakang: Postur tubuh yang tidak tepat dimasa kehamilan dapat berakibat peregangan tambahan dan kelelahan pada tubuh, terutama pada tulang belakang, pelvis dan sendi penahan-berat, sehingga hal ini dapat membawa dampak pada peningkatan rasa nyeri dan sakit. Nyeri punggung bawah adalah suatu sindroma nyeri yang terjadi pada region punggung bagian bawah sebagai akibat dari pengaruh gravitasi tubuh yang berpindah ke depan. Upaya yang dilakukan untuk pencegahan nyeri punggung pada ibu hamil salah satunya adalah senam hamil. Senam hamil adalah latihan-latihan bagi ibu hamil yang bertujuan membuat elastisitas otot dan ligamen yang ada di panggul, memperbaiki sikap tubuh mengatur kontraksi dan relaksasi serta mengatur tehnik pernafasan.
Tujuan penelitian: Untuk mengetahui pengaruh senam hamil terhadap nyeri punggung bawah pada ibu hamil trimester III di Puskesmas Putri Ayu Kota Jambi Tahun 2019.
Metode penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimental dengan one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilaksanakan di Puskesmas Putri Ayu dari bulan Januari –Juli 2019. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu hamil di Puskesmas Putri Ayu berjumlah 30 orang.
Hasil: Sebelum diberikan senam hamil responden yang mengalami nyeri berat ada 10% (3), sedang 70% (21), dan ringan 20% (6). Setelah diberikan senam hamil tidak ada yang mengalami nyeri berat, nyeri sedang berkurang tinggal menjadi 1 orang (3,3%), nyeri ringan berkurang menjadi 19 orang (63,3%), dan sudah tidak merasa nyeri ada 10 orang (33,3%). Rerata tingkat nyeri yang diperoleh sebelum senam hamil sebesar 2,90 dan setelah senam hamil 1,70 sehingga terjadi penurunan sebesar 1,2 dan penurunan ini signifikan dengan nilai p 0,0001.

Keywords


senam hamil, ibu hamil, nyeri bawah punggung

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35971/gojhes.v1i2.2714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.