PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PETUGAS PENDAFTARAN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN PRIMA DI RUMAH SAKIT UMUM KABANJAHE KABUPATEN KARO

Mochammad Yogama Surya Mega, Thomson P. Nadapdap, Jamaluddin .

Abstract


Rumah sakit merupakan salah satu badan usaha yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa yaitu kesehatan dan fungsi utamanya melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan, sehingga rumah sakit harus mempersiapkan tuntutan masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengaetahui pengaruh pelayanan petugas pendaftaran rawat jalan terhadap pelayanan prima di Rumah Sakit Umum Kabanjahe Kabupaten Karo tahun 2020.

Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study survey analitik. Penelitian ini dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Kabanjahe Kabupaten Karo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan di Rumah Sakit Umum Kabanjahe tahun 2015 sampai tahun 2017, sampel yang diperoleh dengan  accidental sampling dengan rata-rata kunjungan pasien perminggu sebanyak 312 orang.  Analisa data yang digunakan yaitu analisa univariat dan bivariat dengan regresi logistik berganda.

Berdasarkan hasil analisis bivariat didapatkan terdapat hubungan pada dimensi kemampuan dengan nilai p (sig) 0,002, penampilan dengan nilai p (sig) 0,025, dan sikap dengan nilai p (sig) 0,012 sedangkan tidak terdapat hubungan perhatian dengan nilai p (sig) 0,966 dan tindakan dengan nilai p (sig) 0,840.  Berdasarkan hasil analisis regresi logistik menghasilkan satu variabel yang paling berpengaruh  terhadap pelayanan prima di Rumah Sakit Umum Kabanjahe Kabupaten Karo Tahun 2020 dengam p value  lebih kecil 0,05, yaitu variabel kemampuan dengan signifikansi 0,003 (p value lebih kecil  0,05), OR = 2,599 (95% CI = 1,377– 4,903) artinya variable kemampuan mempunyai peluang 2,6 kali terhadap pelayanan prima di Rumah Sakit Umum Kabanjahe Kabupaten Karo Tahun 2020.

Dari hasil penelitian  di Rumah Sakit Umum Kabanjahe Kabupaten Karo tahun 2020 dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kemampuan, penampilan, dan sikap terhadap pelayanan prima. Bagi pihak Rumah Sakit Umum Kabanjahe Kabupaten Karo dapat meningkatkan kemampuan petugas dengan cara memberikan kesempatan untuk mengikuti pendidikan berkelanjutan, pelatihan kerja dan seminar.


Keywords


Kemampuan , Penampilan, Sikap, Perhatian.

Full Text:

PDF

References


Nofiana H, Sugiarsi S. Hubungan Mutu Pelayanan Pendaftaran dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar. Rekam Medis. 2011;5(1).

Sodik MA, Suprapto SI, Pangesti D. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pelaksanaan Pelayanan Prima Pegawai Di RSUI Orpeha Tulungagung. Str J Ilm Kesehat. 2013;2(1):24–32.

Kotler P, Armstrong G. Dasar-dasar Pemasaran, Jilid I Edisi Kesembilan. Jakarta: PT. Indeks Gramedia; 2004.

S Polhan I. Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan. Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC; 2002.

Barata A. Dasar-dasar pelayanan prima. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta: PT Elex Media Komputindo; 2003.

Data Kunjungan Rumah Sakit Umum Kabanjahe tahun 2015-2017.

Rahmayanty N. Manajemen pelayanan prima. Yogyakarta: Graha Ilmu. Yogyakarta: Graha Ilmu; 2010.

Atmadjati A. Layanan Prima dalam Praktik Saat Ini. Yogyakarta: Deepublish; 2012.

Yuningsih T. Dasar-dasar Pelayanan Instansi Pemerintah Menuju Pelayanan Prima: Suatu Telaah teoritis. Dialogue JIAKP. 2013;1(1):2004–117.

Ulfa HM. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pelayanan Petugas Pendaftaran Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Prima di Rumah Sakit Umum Daerah Petala Bumi Provinsi Riau tahun 2016. J Manaj Inf Kesehat Indones. 2016;4(2).

Hadjam M. Efektivitas Pelayanan Prima Sebagai Upaya Meningkatkan Pelayanan Di Rumah Sakit (Perspektif Psikologi). J Psikol UGM. 2001;28(2):105–15.

Koentjoro T. Regulasi Kesehatan Indonesia. Yogyakarta: Andi Publisher; 2007.

Tutik TT, Febriana S. Perlindungan Hukum Bagi Pasien. Jakarta: Prestasi Pustaka; 2011.

Sabarguna. Pemasaran Pelayanan Rumah Sakit. Jakarta: CV Sagung Seto; 2008. Jakarta: Sagung.

Richard HJ, Oldham G. Motivation through the design of work: Test of a theory. Organ Behav Hum Perform. 1976;16(2).

Snook ID. Hospitals: What they are and how they work. Maryland: Jones & Bartlett Learning; 2001.

Tjiptono F& CG. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi Publisher; 2010.

Rayport JF, Sviokla JJ. Exploiting the virtual value chain. Harv Bus Rev. 1995;73(6):75.

Zeithaml VA, Parasuraman A, Berry LL. Delivering Quality Service. New York: New York: The Free Press and Zeithaml, Valerie A., A. Parasuraman, and …; 2001.

Goldberg D. Teori dan Soal-Soal Kimia Untuk Pemula Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga; 2008.

Martin W. Pelayanan Pelanggan yang Bermutu: Seni Memperlakukan Pelanggan Sebagai Tamu. Jakarta: Binarupa Aksara; 1991.

Al-Borie HM, Sheikh Damanhouri AM. Patients’ satisfaction of service quality in Saudi hospitals: a SERVQUAL analysis. Int J Health Care Qual Assur. 2013;26(1):20–30.

Ernawati U. Pedoman Lengkap Kesekretarisan. Yogyakarta: Graha Ilmu; 2004.

Rosidah, Sulistiyani AT. Menjadi Sekretaris Profesional dan Kantor yang Efektif. Yogyakarta: Gava Media; 2004.

Zeithaml VA, Berry LL, Parasuraman A. The nature and determinants of customer expectations of service. J Acad Mark Sci. 1993;21(1):1–12.

Lovelock, Christopher, Jochen Wirtz & JM. Pemasaran Jasa Edisi 7. Jakarta: Erlangga; 2011.

Setyobudi D, Bintoro I. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media; 2014.

Eagly AH, Chaiken S. The psychology of attitudes. Harcourt brace Jovanovich college publishers; 1993.

Notoatmodjo S. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta; 2003.

Putri RA. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pelayanan Prima Pegawai Rawat Jalan Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk Jakarta Barat Tahun 2015. 2015;

Jayanti ND, Purwanti S. Kualitas Pelayanan (Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, Tangibles) Di Legend Premium Coffee Yogyakarta. E-Journal Student PEND Tek BOGA-S1. 2017;6(1).

Irwan irwan, Meryati Towapo, Sunarto Kadir, Lia Amalia(2020) Efektivitas Pemberian Pmt Modifikasi Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Peningkatan Status Gizi Balita DOI:

https://doi.org/10.35971/gojhes.v4i2.7742 Journal Health & Science : Gorontalo Journal Health and Science Community Vol 4 No 2 http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/gojhes/article/view/7742

Arman - Saidi, Ronawaty Karim, Rina Sarifudin, Juriaty Batalipu Implementasi Daerah Dalam Menjalankan Spm Bidang Kesehatan Di Kabupaten/Kota Provinsi Gorontalo DOI: https://doi.org/10.35971/jjhsr.v2i1.4338 Jambura Journal of Health Sciences and Research Vol 2, No 1 (2020) http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjhsr/article/view/4338




DOI: https://doi.org/10.35971/gojhes.v4i2.7825

Refbacks

  • There are currently no refbacks.