HUBUNGAN LAMA PAPARAN DAN JARAK MONITOR DENGAN GANGGUAN KELELAHAN MATA PADA PENGGUNA KOMPUTER

Armin salote, Herlina Jusuf, Lia Amalia

Abstract


Gangguan kelelahan mata sering terjadi pada pekerja yang menggunakan komputer dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari. Gangguan penglihatan yang disebabkan karena penggunaan komputer merupakan suatu gejala yang dapat menyebabkan berbagai keluhan antara lain : nyeri atau terasa berdenyut disekitar bola mata, merasa sakit pada mata jika lama menggunakan komputer, penglihatan kabur, mata berair, mata memerah, mata terasa silau saat didepan layar komputer, mata terasa sakit ketika dipejamkan, penglihatan ganda atau berbayang,mata terasa gatal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lama paparan dan jarak monitor dengan gangguan kelelahan mata di dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Jenis penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survey analitik yang menggunakan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 36 pegawai yang merupakan pegawai yang mengoperasikan komputer. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner. Analisis hubungan antara variabel independen dan variabel dependen menggunakan uji chi-square.

Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan antara lama paparan dengan gangguan kelelahan mata (  =0,008)  dan jarak monitor dengan gangguan kelelahan mata (  =0,001)

Saran bagi Karyawan diharapkan untuk mengupayakan tidak bekerja dengan jarak monitor dengan mata kurang dari 50 cm karena jarak monitor yang terlalu dekat mengakibatkan terjadinya mata tegang, cepat lelah, dan potensi ganggguanpenglihatan dan pekerja yang memiliki kelainan refraksi sebaiknya menghindari menggunakan lensa kontak karena akan meningkatkan risiko terjadinya kelelahan mata.


Keywords


Kata Kunci : Lama Paparan, Jarak Monitor, Gangguan Kelelahan Mata

Full Text:

PDF

References


Astuti,Y.R. 2012.Hubungan Lama Paparan Radiasi Monitor Komputer Dengan Astenopia Pada Pekerna Administrasi. [Skripsi].Surakarta : Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.

Azkadina,A.2012.HubunganAntara FaktorRisikoIndividualDanKomputer Terhadap Kejadian Computer Vision Syndrome.[Skripsi]. Semarang : fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

Baqir,M. 2017. Hubungan Lama Penggunaan Komputer Dengan Kejadian Computer Vision Syndrome Pada Pegawai Pengguna Komputer Di Universitas Muhammadiyah Palembang.[Skripsi]. Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang : Palembang.

Barthakur, R. 2013. Computer Vision Syndrome. Internet Journal of Medical Update, 8 (2): 1-2.

Bayetto,K.,danLogan,R.M.2010.Sjiigren’ssyndrome:areviewofaetiology, pathogenesis, diagnosis and management. Australian dental journal. 55 (s1): 39-47.

Berlian, fauzia R. 2013.Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kelulahn Kelelahan Mata Pada Pekerja Pengguna Komputer Di Bank X Kota Bangkok.Journal 1(2) : 68-72

Buntara,dkk.2018. Hubungan Lama Penggunaan Komputer Dan Intensitas Pencahayaan Dengan Keluhan Kelelahan Mata Pada Pekerja Di Hotel KC. Jurnal. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Jakarta.

Dhiman, Kartar Singh, dkk. 2012.Clinical Efficacy Of Ayurvedic Managemen In Computer Vision Sindrome; A Pilot Study. AYU (An International Quartely Journal Of Research In Ayurveda), 33(3),391-395.

Edema, 0.T., dan Akwukwuma, V. V. 2010.Asthenopia and use of glasses amongvisualdisplayterminal(VDT)users.IntITropMed.5(2):16-19.

Fadhillah,L.S. 2013 Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Kelelahan Mata Pada Pengguna Komputer.[Skripsi].Jakarta : Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Firdaus, Fikri. 2013. Analisis Faktor Risiko Ergonomi Terhadap Munculnya Keluhan Computer Vision Syndrome (CVS) Pada Pekerja Pengguna Komputer Yang Berkacamata Dan Pekerja Yang Tidak Berkacamata Di PT X Tahun 2013. Tesis. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Indonesia : Jakarta.

Harian TI. 2014.survei BPS : Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tahun 2013 Tembus 71 Juta Orang.

Irzal. 2016. Dasar-Dasar Kesehatan Dan Keselamatan Kerja. Jakarta : Kencana

Isnain, Nurmalia,W,N. 2014. Hubungan Jarak Mata Dan Intensitas Pencahayaan Terhadap Computer Vision Syndrom.Journal.Makasar

Lipoetoe, M,N. 2019. Hubungan Pelatihan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Marketing Di Pt. Asuransi Jiwasraya (Persero) Agency Service Center Gorontalo, [Skripsi]. Gorontalo : Universitas Negeri Gorontalo. Diakses 4 Maret 2020

Logaraj M, Prya V, Seetharaman N, Hedge SK. 2013. Practice Of Ergonomicprinciples And Computer Vision Syndrome (Cvs) Among Undergraduates. National Journal Of Medical Research. 3(2) Hal 111-6.

Logaraj,M, dkk. 2014. Computer Vision Syndrome And Associated Factor Amongmedical And Engineering Student In Chennai.Annals Of Medical And Health Sciences Research,4(2),179-185.




DOI: https://doi.org/10.35971/gojhes.v4i2.7842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.