Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis

Fatmawaty J. Igirisa, Tajuddin Abdillah, Mohamad Syafri Tuloli

Abstract


Mata pelajaran Dasar Desain Grafis kelas X memiliki tingkat kesulitan tersendiri bagi siswa, terutama padapokok bahasan Pengenalan Adobe Photoshop, dan menyebabkan hasil belajar siswa masih rendah. Mediapembelajaran interaktif merupakan salah satu media pembelajaran yang menunjang keberhasilan hasil belajarsiswa. Penelitian ini bertujuan : (1) mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaraninteraktif lebih baik dibandingkan dengan yang tidak menggunakan media pembelajaran interaktif(menggunakan media konvensional); dan (2) mengetahui pengaruh media pembelajaran interaktif terhadaphasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar desain grafis. Metode penelitian yang digunakan dalampenelitian ini yaitu metode eksperimen dengan bentuk true eksperimental design dan jenis penelitian posttestonly control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Gorontalo dengan subjek peneletiankelas X Multimedia berjumlah 30 siswa. Teknik pengolahan data menggunakan uji Normalitas, dan UjiHipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baikdibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol, karena thitung=3.903 lebih besar daripada ttabel=2,048(thitung>ttabel). Hal tersebut menunjukkan bahwa penelitian ini berhasil membuktikan bahwa mediapembelajaran interaktif lebih baik dari media pembelajaran konvensional. Media pembelajaran interaktifmemberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar desain grafis. Dibuktikandengan adanya perbedaan hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen, yang menunjukkan persentaseketuntasan, dimana kelas eksperimen lebih tinggi 26,67% daripada kelas kontrol setelah diberikan perlakuan.

Keywords


Media Pembelajaran Interaktif; Hasil Belajar; Eksperimen

References


Adam, S. dan Syastra, M. T. 2015. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi

Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal (Computer

Based Information System Journal), Vol. 3 No. 2, (http://ejournal.upbatam.ac.id/,

diakses tanggal 10 november 2020)

Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Djapangi, S. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata

Pelajaran Dasar Desain Grafis di SMK Negeri 1 Limboto. [Skripsi]. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.

Pramuaji, A. dan Munir, M. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Pengenalan Corel Draw sebagai Sarana Pembelajaran Desain Grafis di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Jurnal Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), Vol. 2, No. 2, (https://journal.uny.ac.id/, diakses tanggal 29 November 2019).

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta

: Diva Press.

Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Qosyim, A. dan Priyonggo, F.V. 2017. Penerapan Media Pembelajaran Interaktif

menggunakan Flash untuk Materi Sistem Gerak pada Manusia Kelas VIII.

Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, Vol. 2, No. 2, (http://journal.unesa.ac.id/,

diakses tanggal 10 November 2020).

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung :

Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.




DOI: https://doi.org/10.37905/inverted.v1i2.10229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Published by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
Jl. Prof. Dr.Ing. B.J. Habibie, Moutong – Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango
Homepage : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted
email: inverted@ung.ac.id

Creative Commons Licence

 

This work is licensed under a 
 Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License