PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS IX SMP NEGERI 6 GORONTALO

mohamad fahri ismail, mukhlis ulfatih latief, mohammad syafri tuloli

Abstract


Penggunaan telepon pintar oleh siswa masih didominasi untuk kepentingan media sosial dan aplikasi video streaming saja, padahal bisa dimanfaatkan sebagai media dalam pembelajaran interaktif sehingga peserta didik dapat melakukan kegiatan belajar di manapun dan kapanpun tanpa bergantung pada seorang pendidik, dan cara belajar ini dikenal sebagai mobile learning. Namun pada kenyataannya di SMP Negeri 6 Gorontalo, guru masih menggunakan PPT sebagai media penunjang proses pembelajaran, sehingga kurang efektif untuk menyelesaikan masalah sistem pembelajaran  fisika khususnya pada materi kemagnetan untuk siswa kelas IX. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk 1). Mengembangkan media pembelajaran mobile learning berbasis multimedia pada mata pelajaran fisika kelas IX di SMP Negeri 6 Gorontalo, 2). Mengukur tingkat kelayakan media pembelajaran menurut ahli materi, ahli media dan respon siswa, dan 3). Mengukur tingkat efektifitas media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika kelas IX. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode pengembangan R&D dengan model 4D dengan tidak melakukan tahapan penyebaran sebab lebih terfokus pada pengembangan dan pengujian efektifitas hasil pengembangan media. Hasil pengujian kelayakan media pembelajaran oleh ahli materi menunjukkan persentase kelayakan sebesar 88,5% dengan kategori “sangat layak”, ahli media menunjukkan persentase kelayakan sebesar 88,3% dengan kategori “sangat layak, dan hasil penilaian pengguna terhadap media pembelajaran yang dikembangkan sebesar 94,2% dengan kategori “sangat layak”. Disampig itu, aplikasi yang telah dikembangkan terbukti efektif dapat menigkatkan hasil belajar siswa berdasarkan hasil pengujian korelasi product moment sebesar 6,543 dan memenuhi ketentuan  thitung > ttabel dengan besaran kontribusi sebesar 74,05%, dan pengujjian N-gain ternormalisasi hasil belajar siswa dengan peningkatan hasil belajar sebesar 28,82 dan rata-rata nilai gain sebesar 0,55. Dengan demikian Media Pembelajaran Mobile Learning berbasis Multimedia yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran.


Keywords


Mobile Learnig, Efektifitas, Multimedia.

References


Abdullah M. dan Azelin. M. N. (2010). M-learning: changing roles of instructors and learners. IJAS. 03(14). 83-95.

Arikunto. S. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Cobcroft. R. S. (2006). Mobile learning in review: Opportunities and challenges for learners, teachers, and institutions. Proceedings Online Learning and Teaching (OLT). 21-30.

Furqon dan Sunandang. (2016). Aplikasi Mobile Learning (M-Learning) Untuk Mata Kuliah Pengantar Teknologi Informasi Berbasis Java 2 Micro Edition (J2me). Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Garut. Jurnal.

Hamzah. M. (2009). Mobile Learning: New Era in Malaysia. Jurnal Pendidikan Dasar. 10 (02). 153-156.

Setiyowati dan Muslim. (2018). Perancangan Aplikasi Mobile Learning Perkecambahan pada Mata Pelajaran Biologi Berkarakter Bangsa. Techno.COM. 17.(03). 220-229.

Sudijono. A. (2013). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:PT Raja Gravindo Persada.

Surapranata. S. (2004). Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Susilawati, dkk. 2017. Media Pembelajaran Fisika Modern Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash CS6 dengan Animasi Tiga Dimensi pada Materi Model Atom untuk Siswa Kelas XII SMA. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya). Jurnal.

Trianto. (2015). Model Pembelajarn Terpadu: Cet. VII. Jakarta: Bumi Aksara.Woodill. G. (2010). The Mobile Learning Edge: Tools and Technologies for Developing Your Teams. New York: McGraw Hill Profesional.




DOI: https://doi.org/10.37905/inverted.v1i2.11485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Published by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
Jl. Prof. Dr.Ing. B.J. Habibie, Moutong – Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango
Homepage : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted
email: inverted@ung.ac.id

Creative Commons Licence

 

This work is licensed under a 
 Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License