PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL PADA MATERI LOOPING MATA KULIAH ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN DASAR UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Zikrillah Dwi Putra Damopolii, Moh. Hidayat Koniyo, Rahman Takdir

Abstract


Algoritma menjadi bagian yang sangat penting dalam dunia pemrograman komputer. Hal ini karena, manusia dapat memberikan perintah kepada komputer hanya melalui bahasa pemrograman. Perintah yang diberikan kepada komputer harus terstruktur, sistematis, logis dan runtut. Pentingnya algoritma sebagai landasan untuk dapat melakukan kegiatan pemrograman komputer dirasa sulit oleh sebagian besar mahasiswa pada semester awal khususnya mahasiswa program studi Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata nilai klasikal mata kuliah tersebut belum mencapai nilai yang diharapkan. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk 1). Mengembangkan media pembelajaran berbasis audio visual materi struktur perulangan (looping) mata kuliah algoritma dan struktur data, dan 2). Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis audio visual menurut ahli materi, ahli media dan respon pengguna. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode pengembangan model ADDIE dengan hasil kelayakan media pembelajaran oleh ahli materi menunjukkan persentase kelayakan sebesar 83,6% dengan kategori “sangat layak”, ahli media menunjukkan persentase kelayakan sebesar 83,5% dengan kategori “sangat layak, dan hasil penilaian pengguna terhadap media pembelajaran yang dikembangkan sebesar 90,6% dengan kategori “sangat layak”. Dengan demikian Media Pembelajaran berbasis Audio Visual yang dikembangkan telah memenuhi komponen-komponen kelayakan media pembelajaran yang baik dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

 

Kata Kunci: Algoritma, Looping, Audio Visual.


References


Arikunto & Abdul Jabar. 2004. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoretis Praktis Bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta: BumiAksara.

Meier, Dave. 2000. The Accelerated Learning Handbook : A Creative Guide to Designing and Delivering Faster, More Effective Training Programs. 1st Edition. New York: McGraw-Hill.

Puri, Dwi, & Dimas. 2017. Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Mata Kuliah Tipografi Pada Program Studi Desain Komunikasi Visual, Universitas Dian Nuswantoro. Andharupa. 03. (01). 69-80.




DOI: https://doi.org/10.37905/inverted.v1i2.11495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Published by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
Jl. Prof. Dr.Ing. B.J. Habibie, Moutong – Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango
Homepage : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted
email: inverted@ung.ac.id

Creative Commons Licence

 

This work is licensed under a 
 Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License