Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi

Andi Putri Kumala Sari, Dian Novian, Rahman Takdir

Abstract


Proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Telaga Biru masih kurang efektif dikarenakan sekolah ini masih menggunakan metode pembelajaran yang konvesional, penyampaian materinya cenderung mengandalkan papan tulis, buku teks yang monoton serta sistem ceramah yang terkesan membosankan sehingga berpengaruh pada kemauan siswa untuk belajar.  Sebagian besar metode pembelajaran dilakukan dengan cara yang sama termasuk geografi. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Merancang multimedia pembelajaran interaktif untuk mata pelajaran geografi. (2) Mengetahui motivasi belajar siswa melalui pengukuran efektifitas media pembelajaran interaktif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan research and development dengan menggunakann model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evalution). Hasil penelitian pengembangan multimedia interaksi berbasis website untuk siswa kelas XIIS-3 di SMA Negri 1 Telaga Biru karena telah memenuhi komponen-kompenen multimedia pembelajaran dan digunakan dalam proses pembelajaran. Setelah melewati proses pengujian kelayakan oleh ahli materi menunjukkan persentase kelayakan pada aspek tujuan pembelajaran diperoleh persentase 100%, dan aspek penilaian contant/isi diperoleh kelayakan 97,2%. Hasil pengujian kelayakan oleh ahli media menunjukkan persentase kelayakan pada aspek penilaian tampilan diperoleh persentase kelayakan sebesar 75%, aspek penilaian penilaian Navigasi diperoleh persentase kelayakan sebesar 75%. Penelitian ini menghasilkan multimedia interaktif dengan hasil pengguna mencapai 78.44%. Multimedia interaktif berbasis website berpengaruh pada peningkatan motivasi belajar siswa berdasarkan hasil pengujian korelasi product moment sebesar 5,452 dan memenuhi ketentuan thitung > ttabel dengan besaran kontribusi sebesar 49,77%, dan pengujjian N-gain ternormalisasi hasil belajar siswa dengan peningkatan hasil belajar sebesar 37,50% dan rata-rata nilai gain sebesar 0,34.

 

Kata Kunci: Multimedia Pembelajaran; ADDIE; Motivasi Belajar; Geografi


References


Adithya Natakusuma, Suroso, Puji Hardati, 2017. Pengaruh Cara Belajar Terhadap Hasil belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 2 Pekalongan.Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang, Indonesia.

Alif Aditya Chandra, Muhsinatun Siasah Masruri. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Pembelajaran PKn SMP. Jurnal Pendidikan SMP. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta.

Arifatun Rizka Amelia. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Make A Mach Pada Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas X IPS SMA N Kendal.Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.

Edi Irawan, Tatik Suryo. 2017. Implikasi Multimedia Interaktif Berbasis Flash Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika.

Gede Ari Yusdamara, Desi Purnami. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP.Unviversitas Pendidikan Ganesha.

HermanDwi Surjono, 2017. Multimedia Pembelajaran Interaktif. Uny Press

J.Handika. Efektifitas Media Pembelajaran IM3 Ditinjau Dari MotivasiBelajar. 2012. IKIP PGRI Madiun, Indonesia

Nugraheni Dinasari Haryono. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Koperasi Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri Tegalpanggung Yogyakarta.Unvirsitas Negeri Yogyakarta.

Noviani. N. D. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Sebagai Pendukung Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Materi Operasi Dasar Komputer Menggunakan Adobe Flash. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi.

Panca Putri Rusdewanti, Abdul Gafur. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Seni Musik Untuk Siswa SMp. Fakultas Bahasa Dan Seni Uny.Fakultas Sosial Uny.

Prasetyo, Zuhdan K. 2012. Research and Developmen t(Pengembangan Berbasis Penelitian). Zuhdan KP, R&D, PPs UNS 14 Juni 2012. Program Pascasarjana Universitas Negeri Sebelas Maret, Surakarta.

Pramuaji, Alfiyanto. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Pengenalan Coreldraw Sebagai Sarana Pembelajaran Desain Grafis di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi.

Yoga Prismanata, Chrisna Ismaniati. 2017. Pengembangan Multimedia Geografi Berbasis Memory Sport Pada Materi Litosfer Untuk Peserta Didik SMA. Prodi Teknologi Pembelajaran PPs Universitas Neger Yogyakarta.

Sudijono. A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.37905/inverted.v2i1.12794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Published by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
Jl. Prof. Dr.Ing. B.J. Habibie, Moutong – Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango
Homepage : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted
email: inverted@ung.ac.id

Creative Commons Licence

 

This work is licensed under a 
 Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License