Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar

cindy patikasari kolopita, Muhammad Rifai Katili, Rochmad Mohammad Thohir Yassin

Abstract


Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar masih belum optimal. Diketahui bahwa pembelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Negeri 1 Lolayan masih menggunakan metode ceramah dengan menggunakan alat dan bahan yang masih konvensional. Selain itu, sarana dan prasarana yang digunakan dalam membantu proses pembelajaran belum memadai terutama pada pelaksanaan praktikum. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Negeri 1 Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondow dan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Negeri 1 Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondow. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen jenis Pre-Experimental-Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis data menggunakan rumus uji N-Gain Score dengan nilai rata-rata mencapai 0,64 kriteria sedang. Kemudian dilanjutkan dengan uji pengaruh menggunakan rumus Paired Sample T-Test dengan hasil nilai -19,29 yang berdasarkan hipotesis penelitian bahwa terdapat perbedaan rata-rata skor sebelum dan setelah penggunaan media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran aplikasi cisco packet tracer terhadap hasil belajar siswa.

Keywords


Kata kunci: Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Cisco Packet Tracer, Pre Experimental-Design, Teknik Komputer dan Jaringan

References


Fujiawati, F. S. (2016). Pemahaman Konsep Kurikulum dan Pembelajaran Dengan Peta Konsep Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni Vol.1, No.1, 16-28.

Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methode; A Six- Thousand- Student Survey Of Mechanics Test Data For Introductory Physics Course. American Journal Of Physics.

Latif, H. D. (2014). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Geografi Volume 14 Nomor 1.

Misbaharudin, A. (2016). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Oleh Rumah Tangga Untuk Kehidupan Sehari-hari. Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan Volume 18, Nomor 1, , 1-16.

Nuryadi, T. D. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2014. (11 Juli 2014). Peran Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Guru Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 963.

Purnawan Deki, F. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Simulasi Jaringan Komputer Cisco Packet Tracer Terhadap Kreativitas Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 21-31.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.




DOI: https://doi.org/10.37905/inverted.v2i1.13081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Published by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
Jl. Prof. Dr.Ing. B.J. Habibie, Moutong – Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango
Homepage : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted
email: inverted@ung.ac.id

Creative Commons Licence

 

This work is licensed under a 
 Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License