PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR KELAS X TKJ di SMK NEGERI 3 GORONTALO
Abstract
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya minat belajar siswa kelas X TKJ pada mata pelajaran pemrograman dasar khususnya materi yang membahas pengkodingan, dan masalah lainnya yakni, siswa masih kesulitan dalam mencari sumber belajar dikarenakan ketersediaan buku pembelajaran yang kurang. Dengan adanya media pembelajaran berbasis android, diharapkan menjadi salah satu solusi bagi para murid dimana siswa dapat belajar tanpa kesulitan mencari sumber atau buku yang ada dan diharapkan bisa meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan belajar siswa kelas x smk negeri 3 gorontalo pada saat menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi Android. Teknik pengumpulan data dengan metode interview, kuesioner dan observasi.
Dari hasil analisis data, telah diuji kelayakan oleh ahli materi dan juga ahli media dengan perolehan nilai untuk ahli materi 88% dengan kategori “sangat layak”. Sedangkan untuk kelayakan ahli media diperoleh nilai sebesar 90% dengan kategori “sangat layak”. Adapun untuk uji responden siswa diperoleh nilai sebesar 88.4% dengan kategori “sangat layak”.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afrizal, Ali Subhan. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Dasar Pemrograman Berbasis Mobile Phone. Jurnal Teknik Informatika Politeknik Sekayu (Tips), Vol Vi(No 1), Hal 1-19.
Ahmad Amiruddin, R. 2017. Media Pembelajaran Interaktif Dengan Pendekatan Model ADDIE Untuk Mata Pelajaran Peripheral Komputer, Skripsi. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.
Arifvitanto, Eko Setyo. (2019). Pengembangan Media Pembelajaaran Interaktif Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Di Kelas X Smk Negeri 1 Tuban. Jurnal It-Edu, Vol 4(No 1), Hal 30-38.
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Pt Raja Grafindo Persero.
Asyhar, R. (2012). Kretif Mengembangkan Media Pembelajaran. Gaung Persada Press.
Benny. (2014). Desain Dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi: Implimentasi Model Addie. Kencana.
Darmawan, & Deni. (2012). Teknologi Pembelajaran. Remaja Rosda Karya.
F, M. Gafur Vikario, & Kristanto, A. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Android Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Materi Struktur Kontrol Percabangan Kelas X Multimedia Di Smk Negeri 3 Kediri. Jurnal Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Android, Hal 1-5.
Guntoro. 2015. Panduan Dasar Belajar UML (Unified Modeling Language), https://badoystudio.com/uml/, di akses pada 11 januari 2022 pukul 09.20 am.
Istarani. (2011). Model Pembelajaran Inovatif (Referensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran). Media Persada.
Joyce, & Weil. (2013). Models Of Teaching (Edisi 8). Pustaka Belajar.
Kowi, M. E. (2016). Dasar Dasar Pemrograman Pascal. Guespedia.
Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas Xi. Jurnal Media Infotama, Vol 14(No 1), Hal 15-20.
DOI: https://doi.org/10.37905/inverted.v2i2.14482
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
Jl. Prof. Dr.Ing. B.J. Habibie, Moutong – Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango
Homepage : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted
email: inverted@ung.ac.id