Penggunaan Model Pembelajaran Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Bergerak

Alfian Fian Ilato, Roviana H Dai, Rampi Yusuf Yusuf

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui penggunan model pembelajaran explicit instruction dengan bantuan aplikasi acode editor terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman web bergerak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama 2 siklus. Dimana masing-masing siklus menggunakan model kemmis dan mc. Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus 1 terjadi peningkatan hasil belajar siswa, dengan presentase hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan minimum (KKM) secara keseluruhan. Yakni 73,91%. Akan tetapi capaian tersebut belum memenuhi presentase hasil belajar siswa secara keseluruhan yang diharapkan, dimana hasil belajar yang diharapkan yakni 75%. Sehingga penelitian masih perlu dilanjutkan ke siklus 2. Selanjutnya pada siklus 2 terdapat peningkatan presentase lagi terhadap hasil belajar siswa secara keseluruhan, dimana mencapai 86,95%.


Keywords


hasil belajar, explicit instruction, acode edittor pemrograman web

References


Fitriani. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Explcit Instruction. Skripsi. Makasar : Universitas Muhamadiyah Makasar.

Huda, M. (2013). Model-Model Pembelajaran dan Pembelajaran : Isu-Isu Metodis dan Pragmatis. Pustaka Pelajar.

Mulyasa, E. (2005). Kurikulum Berbasis Kompotensi Konsep Karakteristik dan Implementasi. PT Remaja Rosdakarya Bandung.

Syamsuddin, A., Jannah, M., and Krisnawati (2019). Penerapan Model Explicit Instruction Dalam Pembelajaran Matematika Materi Bilangan Romawi Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Kapasa Makasar. Vol. 07, No.1, 136-154, https://doi.org/10.2452/mapan.2019v7n1a11.

Srinalia. (2015) Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Kinerja Guru Dan Kolerasinya Terhadap Pembelajaran Ssiswa Studi Kasus Di SMA N 1 Darul Imrah Aceh Besar. Vol. 15, No.2, 197-207.

Silviana, G. (2016). Penggunaan Model Explicit Instruction Unutk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa Pada Konsep Biosafety. Skripsi. Bandung : Universitas Pasundan Bandung.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung : Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37905/inverted.v2i2.14730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Published by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
Jl. Prof. Dr.Ing. B.J. Habibie, Moutong – Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango
Homepage : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted
email: inverted@ung.ac.id

Creative Commons Licence

 

This work is licensed under a 
 Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License