PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN DESAIN GRFIS PERCETAKAN JURUSAN MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 MODAYAG BARAT

Edwin Meidianto Makadao, Dian Novian, Agus Lahinta, Tajuddin Abdillah

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Modayag Barat Bolaang Mongondow Timur. Pada saat proses pembelajaran desain grafis percetakan di dalam kelas terdapat belum adanya media pendukung seperti multimedia pembelajaran dengan teknologi yang kurang diefektifkan seperti smarphone dalam proses pembelajaran disekolah. Kasus lain yakni siswa yang malu bertanya ketika tidak paham dengan materi pembelajaran yang diajarkan oleh guru penggampu, serta siswa yang malas mencari sumber pembelajaran secara mandiri dirumah. Maka dengan permasalahan yang ada dibutuhkan pengembangan multimedia pembelajaran berbasis android. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan multimedia pembelajaran berbasis android kelas XI multimedia pada pembelajaran desain grafis percetakan dan menguji kelayakan dari media yang dibuat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model penelitian ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Berdasarkan dari hasil kelayakan dari 2 validator dan 20 respon siswa. Pada saat uji ahli media presentase yang dicapai mendapatkan 93%, yang dapat dikategorikan sebagai “sangat layak”, uji ahli materi peresentase yang dicapai yaitu 91%, dan dapat dikategorikan sebagai “sangat layak”, dan respon siswa mendapatkan presentase yang dicapai yaitu 91,7%, yang dapat dikategorikan “sangat layak”, maka dapat disimpulkan Multimedia Pembelajaran berbasis android ini dinyakatan layak digunakan untuk media pembelajaran disekolah.


Keywords


Multimedia Pembelajaran, Kelayakan Media, R&D (Research and Development).

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV. Pustaka SetiaBenny

Derry, I. (2013). Bila SI Kecil Bermain Gadget: Panduan Bagi Orang Tua Untuk Memahami Fakto-Faktor Penyebab Anak Kecanduan Gadget. Bisakimia: Jakarta.

Fajar Ramadhanti, et al. (2019). “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan menggunakan Model Four-D pada Siswa SMK Negeri 5 Malang”, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer.

Gonzalez, M.A., Martin, M.E., Liamas, C., et al. (2015). Teaching and learning physics with smartphones. Journal of Cases on Information Technology, 17, 31-50

Kitchenham, A. (2011). Models for interdisciplinary mobile learning: delivering information to students. Hersey PA: IGI Global.

Pribadi, (2014). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Jakarta:KENCANA

Shofhia, S. (2016). “Pengaruh Penggunaan Android Dan E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas Viii Smp 3 Kepanjeng Malang”. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.Setiawan, DKK. (2013), Aplikasi Makassar Tourism Pada Kota Makassar Berbasis Android, Jurnal Infra, 1 , 156

Qosyim dan Priyonggo. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Flash untuk Materi Sisten Gerak pada Manusia Kelas VIII. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2): 38-44.




DOI: https://doi.org/10.37905/inverted.v3i1.16824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Published by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
Jl. Prof. Dr.Ing. B.J. Habibie, Moutong – Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango
Homepage : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted
email: inverted@ung.ac.id

Creative Commons Licence

 

This work is licensed under a 
 Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License