Penerapan Project Based Learning Berbantuan Video Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Corel Draw
Abstract
Berdasarkan hasil observasi peneliti pada bulan Desember 2021 di kelas X SMK Negeri 1 Bulango selatan, menunjukan bahwa pencapaian hasil belajar siswa pada pembelajaran Coreldraw masih kurang optimal. Asumsi dasar yang menyebabakan pencapaian hasil belajar siswa kurang optimal adalah kurang kemandirian siswa dalam proses pembelajaran.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi Coreldraw. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas.Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan II, setiap siklusnya terdiri atas 3 kali pertemuan. yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencaanaan, pelaksaanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus 1 terjadi peningkatan hasil belajar siswa, dengan persentase hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan minimum. Yakni 48%. Namun hasil tersebut belum memenuhi capaian dari persentase hasil belajar yang telah di tentukan yaitu 80%, Maka penelitian akan dilanjutkan ke siklus 2.Selanjutnya pada siklus 2 terdapat peningkatan persentase terhadap hasil belajar siswa secara keseluruhan mencapai 96%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model project based learning berbantuan video tutorial dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas X TKJ SMK Negeri I Bulango Selatan pada materi coreldraw.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.37905/inverted.v3i1.17060
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
Jl. Prof. Dr.Ing. B.J. Habibie, Moutong – Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango
Homepage : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted
email: inverted@ung.ac.id