PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK DI SMK NEGERI 1 LIMBOTO

Ainun Kamba, Mukhlisulfatih Latief, Manda Rohandi, Ahmad Azhar Kadim

Abstract


Dalam pembelajaran yang harus diketahui bahwa siswa memiliki cara memahami dan menyerap suatu informasi yang berbeda-beda yaitu gaya belajar. Ada siswa yang senang menulis hal-hal yang disampaikan guru ketika proses pembelajaran berlangsung. Adapula siswa yang lebih sering mendengarkan materi yang disampaikan oleh guru, serta adapula siswa yang lebih senang praktek secara langsung. Ada berbagai teori yang memodelkan gaya belajar, salah satunya adalah teori gaya belajar Felder-Silverman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman berorientasi objek. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian Pre-eksperimental. Desain penelitian yang digunakan adalah desain One-Group Pretest-Posttest design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI RPL di SMK Negeri 1 Limboto dengan jumlah 12 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket gaya belajar adaptasi dari ILS (Index of Learning Style) Felder-Silverman dan soal tes Pemrograman Berorientasi Objek pada KD Menerapkan collection sebagai media penyimpanan data. Hasil penilaian tanggapan siswa (respon siswa) terhadap penerapan gaya belajar dan model pembelajaran diperoleh skor rata-rata 86,90% siswa menjawab positif. serta hasil observasi pada aktivitas siswa pada pembelajaran rata-rata persentasi yaitu sebanyak 77% siswa yang aktif dalam pembelajaran, berdasarkan hasil uji paired sample t-test menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) yang diperoleh 0,000. Sesuai dengan dasar pedoman pengambilan keputusan yang ada, Jika nilai Sig. (2-tailed) < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar antara nilai pretest dengan posttest, sehingga gaya belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman berorientasi objek di SMK Negeri 1 Limboto.

 

Kata kunci: Hasil Belajar; Gaya Belajar


References


Felder, R., Silverman, L. (2013). Felder and Silverman's Index of Learning Styles. Aman Consulting.

Jesika, J. (2019). Pengaruh Gaya Belajar, Persepsi Siswa Tentang Perhatian Orangtua, Dan Persepsi Siswa Tentang Pemberian Tugas Terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Parepare. Skripsi. Program Keahlian Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, UNM: Makassar. http://eprints.unm.ac.id/14031/1/SKRIPSI.pdf. Diakses 12-10-2021, 20:03

Ghufron, M. Nur. (2012). Gaya Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Maia, M. C. O., Serey, D., Figueiredo, J. (2017). Learning styles in programming education: A systematic mapping study. IEEE Frontiers in Education Conference (FIE), 1-7. DOI: 10.1109/FIE.2017.8190465.

Pardomuan, G. N., & Agustini, K. (2017). Desain Sistem Personalisasi E-Learning Berbasis Felder Silverman Model Untuk Materi Animasi 2 Dimensi di SMK Negeri Singaraja. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika (SENAPATI).

Qodriah, Annie. (2011). Hubungan Antara Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Akidah Akhlak siswa kelas IV MI Miftakhul Akhlaqiyah Bringin Ngaliyan Semarang. Skripsi Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Walisongo Semarang: Semarang.




DOI: https://doi.org/10.37905/inverted.v4i1.17417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Published by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
Jl. Prof. Dr.Ing. B.J. Habibie, Moutong – Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango
Homepage : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted
email: inverted@ung.ac.id

Creative Commons Licence

 

This work is licensed under a 
 Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License