Pengaruh Model Pembelajaran IDEA Terhadap Pemahaman Konsep Pada Materi Operasi Aritmatika dan Logika

Wulandari Adam, Arip Mulyanto, Mohamad Syafri Tuloli, Rahmat Taufik R.L Bau

Abstract


Operasi Aritmatika dan Logika merupakan salah satu materi pada mata pelajaran Pemrograman Dasar yang bertujuan untuk membuat sebuah program dengan menerapkan operasi aritmatika dan logika, materi tersebut menekankan siswa untuk memahami konsep pemrograman untuk mencapai tujuan pembelajaran. Namun kenyataannya siswa cenderung pasif sehingga mengakibatkan siswa cenderung tidak memahami konsep. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran IDEA terhadap Pemahaman konsep pada materi Operasi Aritmatika dan Logika di kelas X TKJ SMK Negeri 1 Bulango Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Experiment dengan jenis penelitian Time Series. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Bulango Selatan dengan subjek penelitian siswa kelas X TKJ berjumlah 35 Siswa. Teknik pengolahan data adalah Uji Normalitas dan Uji Hipotesis dengan bantuan program SPSS Versi 22.0. Uji Normalitas dengan uji Shapiro-WIlk menunjukan data memiliki nilai signifikan > 0,05 dengan kata lain bahwa data berdistribusi normal, kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan rumus paired samples t test dengan hasil nilai signifikan (2-tailed) < dari 0.05 yang berarti bahwa ha diterima, dan ho ditolak. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh model pembelajaran IDEA terhadap pemahaman konsep.


References


Alighiri, D., Drastisianti, A., & Susilaningsih, E. (2018). Pemahaman konsep siswa materi larutan penyangga dalam pembelajaran multiple representasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2).2192 – 2200

Astuti, P. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMPN 4 Batang Gansal dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. PRISMA, 10(1), 121-129.

Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). GUEPEDIA.

Eriana, E., Kartono, K., & Sugianto, S. (2019). Understanding Ability of Mathematical Concepts and Students’ Self-reliance towards Learning by Implementing ManipulativeProps (APM) on Jigsaw Technique. Journal of Primary Education, 176-183.

Hanief, Y. N., & Himawanto, W. (2017). Statistik pendidikan. Deepublish.

Novianto, A. (2014). Pemrograman Dasar Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMK/MAK Kelas X . Erlangga

Setiawan, Y. E. (2020). Kepraktisan Model Pembelajaran IDEA (Issue, Discussion, Establish, And Apply) dalam Pembelajaran Matematika. AKSIOMA (Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika), 9(3), 776-788

Setiawan, Y. E., & Mustangin, M. (2020). Validitas Model Pembelajar IDEA (Issue, Discussion, Establish, and Apply) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 6(1), 53-60

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thamrin, H. (2021). Analisis dampak covid 19 terhadap kinerja keuangan perbankan syariah di indonesia. Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance, 4(1), 37-45.

Uno, H. B., Atmowidjoyo, S., & Lamatenggo, N. (2018). Pengembangan kurikulum rekayasa pedagogik dalam pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.37905/inverted.v3i1.17426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Published by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
Jl. Prof. Dr.Ing. B.J. Habibie, Moutong – Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango
Homepage : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted
email: inverted@ung.ac.id

Creative Commons Licence

 

This work is licensed under a 
 Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License