PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN VIDEO TUTORIAL PADA PRAKTEK ADMINISTRASI SISTEM JARINGAN DI SMK NEGERI 1 SUWAWA

Refiana Jr. Nabar, Abd. Aziz Bouty, Rochmat Mohammad Thohir Yassin, Roviana H Dai

Abstract


SMK Negeri 1 Suwawa merupakan SMK yang memiliki jurusan teknik komputer jaringan (TKJ). Salah satu mata pelajaran dalam jurusan teknik komputer jaringan yaitu Administrasi Sistem Jaringan. Dari hasil observasi ditemukan beberapa permasalahan dalam proses belajar mengajar pada materi praktikum yang dilakukan, antara lain kurangnya media pada sistem pembelajaran yang mengakibatkan siswa menjadi kurang fokus dan kurang tertarik mendengarkan materi yang disampaikan oleh guru, penggunaan metode pembelajaran guru yang masih konvensional dan Sulitnya guru dan peserta didik belajar dan melakukan praktikum pada mata pelajaran Administrasi Sistem Jaringan yang berdampak pada proses pembelajaran terkait materi praktikum serta keterbatasan guru mengajar.. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengembangkan media pembelajaran sebagai pelengkap sumber belajar bagi guru pada Mata Pelajaran Administrasi Sistem Jaringan dan membantu proses pembelajaran menjadi lebih mudah dan menyenangkan terutama pada saat Pandemi Covid-19. (2) Mengetahui Kelayakan Media Pembelajaran berbantuan Video Tutorial pada proses pembelajaran mata pembejaran Administrasi Sistem Jaringan. (3) Mengetahui Respon/Tanggapan pengguna terhadap Media Pembelajaran berbantuan Video Tutorial. Pada penelitian ini Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Adapun hasil penelitian terhadap media pembelajaran berbantuan video tutorial yaitu Ahli materi memperoleh nilai presentase 98,95% dengan kriteria sangat valid. Ahli materi memperoleh nilai presentase 96,7% dengan kriteria sangat valid, dan respon pengguna/siswa memperoleh nilai persentase 94,8% dengan kriteria sangat layak. Dapat disimpulakan bahwa penggunaan media pembelajaran layak digunakan sebagai alternatif dalam proses belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran administrasi sistem jaringan. 



DOI: https://doi.org/10.37905/inverted.v3i1.17693

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Published by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
Jl. Prof. Dr.Ing. B.J. Habibie, Moutong – Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango
Homepage : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted
email: inverted@ung.ac.id

Creative Commons Licence

 

This work is licensed under a 
 Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License