Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika SMK Negeri 1 Suwawa

Nur Afifah, Moh. Hidayat Koniyo, Mukhlisulfatih Latief

Abstract


Pada saat observasi di SMK Negeri 1 Suwawa terkait materi Aplikasi Perkantoran terdapat beberapa kendala, yaitu fasilitas lab komputer untuk praktikum dibatasi penggunaannya hanya untuk kelas XI dan XII, sehingga siswa kelas X hanya bisa melakukan praktik di dalam kelas secara bergantian menggunakan laptop milik guru, selain itu hasil belajar siswa juga masih rendah. Jumlah siswa di kelas X TKJ A SMK Negeri 1 Suwawa berjumlah 22 orang, KKM di sekolah tersebut yaitu 75. Sesuai dengan hasil wawancara, hanya 10 atau (45,45%) siswa yang mencapai ketuntasan, sedangkan 12 siswa atau (54,54%) lainnya belum mencapai ketuntasan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Informatika kelas X TKJ SMK Negeri 1 Suwawa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif. Adapun bentuk design yang di digunakan pre-eksperimental design (non-design) dengan jenis penelitian one gorup pretest posttest design. Hasil belajar siswa pada pretest yang dilakukan pada siswa dengan jumlah 22 siswa menunjukan bahwa dari total 22 siswa, terdapat 11 orang atau 50% dari jumlah total siswa yang mendapatkan nilai KKM. Setelah pretest selanjutnya dilakukan pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) untuk melihat pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada posttest yang dilakukan berjumlah 22 siswa menunjukan dari total 22 siswa, seluruhnya mendapat nilai 75 yang merupakan standar KKM. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa model Problem Based Learning (PBL) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X TKJ A di SMK Negeri 1 Suwawa.




DOI: https://doi.org/10.37905/inverted.v3i1.17699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Published by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
Jl. Prof. Dr.Ing. B.J. Habibie, Moutong – Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango
Homepage : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted
email: inverted@ung.ac.id

Creative Commons Licence

 

This work is licensed under a 
 Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License