Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Keragaman Komunikasi Di SMKN 2 Limboto
Abstract
Berdasarkan observasi awal di kelas XI TKJ di SMKN 2 Limboto pada mata materi Keragaman Komunikasi belum memenuhi standar KKM yaitu 80. Jumlah siswa di kelas XI TKJ yaitu 29 orang siswa, dari 29 siswa tersebut, terdapat 10 isiswa (34,4%) yang mencapai ketuntasan dan 19 siswa (65,5%) lainnya belum mencapai ketuntasan. Rendahnya hasil belajar siswa pada mata materi Keragaman Komunikasi di SMKN 2 Limboto biasanya mengingat fakta bahawa banyak materi Keragaman Komunikasi yang dinamis sehingga siswa memerlukan presepsi untuk mendapatkan kejelasan tentang materi yang mereka amati. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi Keragaman Komunikasi serta mengukur kelayakan juga kepraktisan media pembelajaran yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model Borg and Gall. Sebelum di uji cobakan pada pengguna (siswa), media pembelajaran telah di validasi oleh ahli media dan juga ahli materi. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian untuk mendapatkan data para ahli media, ahli materi dan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran menggunakan angket. Hasil penelitian : (1) validasi ahli media tahap 1 mendapatkan skor 90 (94,7%), dan validasi ahli media tahap 2 mendapatkan skor 93 (97,8%), (2) hasil validasi ahli materi tahap 1 mendapatkan skor 101 (84,1%), dan validasi ahli materi tahap 2 mendapatkan skor 120 (97,5%). Setelah melakukan serangkaian validasi ahli media dan ahli materi kemudian media pembelajaran di uji cobakan kepada penggguna. Hasil dari uji coba media pembelajaran multimedia interaktif di kelas XI TKJ SMKN 2 Limboto memperoleh skor 1692 (89,76%). Dapat disimpulkan media pembelajaran layak digunakan sebagai alternatif guru ketika mengajarkan materi Keragaman Komunikasi.
Kata kunci: Multimedia Interaktif, Kelayakan, Keragaman Komunikasi.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.37905/inverted.v4i2.18922
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
Jl. Prof. Dr.Ing. B.J. Habibie, Moutong – Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango
Homepage : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted
email: inverted@ung.ac.id