EKSPLORASI INTENSITAS PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA (STUDI DESKRIPTIF PADA MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA UNG)

Hermila A, Sri Ayu Ashari, Rahmat Taufik R.L Bau, Sitti Suhada

Abstract


Platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube telah menjadi sangat populer di seluruh dunia. Setiap platform menawarkan fitur unik dan memfasilitasi berbagai jenis interaksi sosial, seperti berbagi pesan, memposting konten, mengomentari, dan mengikuti akun. Sosial media tidak lagi hanya tentang berbagi teks dan gambar. Mahasiswa merupakan salah satu kelompok pengguna aktif media sosial sekaligus usia terbanyak pengguna media sosial. Eksplorasi tingkat penggunaan media sosial mencakup penelitian dan analisis tentang seberapa banyak orang menggunakan platform media sosial, jenis konten yang mereka konsumsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model studi deskriptif yang dilakukan di jurusan Tehnik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo. Responden sebanyak 147 orang mahasiswa jurusan Tehnik Informatika. Intrumen penelitian menggunakan kuesioner dan wawancara. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan; 1) perangkat elektronik yang digunakan oleh mahasiswa dalam mengakses media sosial adalah smartphone, 2) media sosial yang dimiliki oleh mahasiswa paling banyak whatsup, Instagram dan tiktok, 3) media sosial yang paling sering dikunjungi adalah whatsup, tiktok dan Instagram, 4) durasi penggunaan media sosial oleh mahasiswa diatas dua jam, 5) aktivitas yang sering dilakukan mahasiswa ketika membuka media sosial yaitu mencari informasi (terbaru dan lama), melihat berita terkini, mencari hiburan (video lucu, berita viral, menonton), komunikasi jarak jauh, melihat story teman, belajar tutorial, berbagi story, sekedar eksplor beranda, 6) fungsi media sosial berdasarkan perspektif mahasiswa sebagai; sarana berkomunikasi, sumber informasi yang mudah di akses, media hiburan,  media untuk belajar, sarana mendapat hal-hal baru, sarana untuk berbisnis, sarana mendapatkan motivasi dari berbagai postingan orang lain, sarana berinteraksi jarak jauh, 7)enurut mahasiswa media sosial menarik untuk digunakan sebagai sarana pembelajaran dengan membuat konten video berdurasi singkat namun jelas dan mudah dipahami informasi yang disampaikan., 8) stimasi biaya yang digunakan oleh mahasiswa untuk mengakses internet. menunjukkan bahwa dominan mahasiswa menggunakan kisaran biaya Rp.50.000-Rp.100.000  untuk mengakses media sosial.


Keywords


Sosial Media, Ekplorasi, Intensitas

References


Bulele, Y. N., & Wibowo, T. (2020). ANALISIS FENOMENA SOSIAL MEDIA DAN KAUM MILENIAL: STUDI KASUS TIKTOK. Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology, 1(1), 565–572. https://journal.uib.ac.id/index.php/cbssit/article/view/1463

Handojo, A., Lim, R., & , S. (2005). Aplikasi Security Surveillance System Menggunakan Webcam dan HP dengan Fasilitas General Packet Radio Services dan MMS. . https://doi.org/10.9744/JTE.5.2.PP.

Hayuning Handikasari, R., Jusuf, I., Johan, A., & Jusup, I. (2018). HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN GEJALA DEPRESI MAHASISWA KEDOKTERAN (STUDI PADA MAHASISWA KEDOKTERAN TINGKAT AKHIR YANG MENGGUNAKAN KURIKULUM MODUL TERINTEGRASI). Jurnal Kedokteran Diponegoro (Diponegoro Medical Journal), 7(2), 919–934. https://doi.org/10.14710/DMJ.V7I2.20790

Kominfo. (2023). Pengguna Internet di Indonesia 63 Juta Orang. Kementerian Kominakasi Dan Informatika. https://www.kominfo.go.id/index.php/content/detail/3415/Kominfo+%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+63+Juta+Orang/0/berita_satker

Muhtar. (2023). Ini 7 Media Sosial Paling Banyak Digunakan di Indonesia - UICI. https://uici.ac.id/ini-7-media-sosial-paling-banyak-digunakan-di-indonesia/

Musdalifah, M., & Indriani, N. (2017). PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA. PROSIDING SNITT POLTEKBA, 2(1), 143–147. https://jurnal.poltekba.ac.id/index.php/prosiding/article/view/389

Rutiana, D. W., Sri, H., Sudarmo, & Didik, G. S. (2022). PENETRASI INTERNET DAN ANGKA KEMISKINAN (1st ed.). Lakeisha. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=siCeEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PT4&dq=penetrasi+internet+di+indonesia&ots=C4qzZeWW9e&sig=1oGYebzwMx3eeG6dhADDGJtw1lA&redir_esc=y#v=onepage&q=penetrasi%20internet%20di%20indonesia&f=false

Shilvina Widi. (2023, February 3). Pengguna Media Sosial di Indonesia sebanyak 167 Juta pada 2023. DataIndonesia.Id.




DOI: https://doi.org/10.37905/inverted.v3i2.21172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Published by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
Jl. Prof. Dr.Ing. B.J. Habibie, Moutong – Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango
Homepage : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted
email: inverted@ung.ac.id

Creative Commons Licence

 

This work is licensed under a 
 Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License