PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS PERCETAKAN JURUSAN MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 LIMBOTO
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Limboto. Pada saat proses pembejaran desain grafis percetakan di dalam kelas kurangnya media pendukung seperti media pembelajaran teknologi yang kurang efektif seperti smartphone dalam proses pembelajaran disekolah. Kasus lain yakni siswa yang malu bertanya ketika tidak paham dengan materi pembelajaran yang diajarkan oleh guru pengampu mata pelajaran desain grafis percetakan, serta siswa yang malas mencari sumber pembelajaran secara mandiri dirumah. Maka dengan permasalahan yang ada dibutuhkan pengembangan media pembelajaran berbasis android. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran berbasis android kelas IX multimedia pada pembelajaran desain grafis percetakan dan menguji kelayakan dari media yang dibuat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model penelitian 4D (Four-D) yang terdiri dari 4 tahap yaitu analisis, perancangan, pengembangan dan penyebaran atau uji coba. Berdasarkan dari hasil kelayakan dari 2 validator dan 20 respon siswa. Pada saat uji ahli media presentasi yang dicapai mendapatkan 96% yang dapat dikategorikan sebagai “Sangat layak”, uji ahli materi presentase yang dicapai yaitu 91%, dan dapat dikategorikan sebagai “sangat layak”, dan respon siswa mendapatkan presentase yang dicapai yaitu 92.8% dengan kategori “sangat layak”, maka dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis android ini dinyatakan layak digunakan untuk media pembelajaran disekolah.
Kata kunci : teknologi, media pembelajaran, R&D (Research and Development).
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Nurrita. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa. MISYKAT : Jurnal Ilmu-ilmu Alquran, Hadist, Syaria'ah dan Tarbiyah , 3 (1), 171-210. https://www.neliti.com/publications/271164/pengembangan-media-pembelajaran-untuk-meningkatkan-hasil-belajar-siswa. Waktu akses : 19 Juni 2023. Pukul : 20.00wita
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya. (2018). Keuntungan Penggunaan Multimedia Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Edwin, M. (2023). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Desain Grfis Percetakan Jurusan Multimedia SMK Negeri 1 Modayang Barat. Journal Information Technology education , 42-44. https://ejurnal.ung.ac.id/index. php/inverted/article/view/16824. waktu akses 2 Juli 2023. Pukul : 20.00
Yessi. (2022). Mengenal metode pengembangan perangkat pembelajaran model 4D: htpps://1p2m.uma.ac.id/2022/03/04/mengenal-metode-pengembangan-perangkat-pembelajaran-model-4d/. waktu akses: 18 Juni 2023. Pukul: 17.00 wita
Murtafi’ah. (2018). Program Animasi Interaktif Pengenalan Tata Surya Dengan Menggunakan Adobe Flash Professional CS6 (Studi Kasus : SD Swasta Sri Pinang). Journal of Student DevelopmentInformationSystem,2(57-68). https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JoSDIS/article/view/2815. Waktu akses : 18 Juni 2023. Pukul: 18.00wita
Djapangi, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada mata pelajaran Dasar desain grafi di SMK Negeri 1 Limboto. Journal of Information Technology Education FT UNG .
DOI: https://doi.org/10.37905/inverted.v4i1.22985
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
Jl. Prof. Dr.Ing. B.J. Habibie, Moutong – Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango
Homepage : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted
email: inverted@ung.ac.id