PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUKASI PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA MATERI INTERNET OF THINGS

Muh Fahrial Mashuri, Arip Mulyanto, Agus Lahinta

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan lingkungan pembelajaran berbasis permainan edukatif pada mata pelajaran TI. Hasil  penelitian dan pengembangan berupa  media sebagai sarana untuk memperlancar berpikir dan konsentrasi siswa melalui alat bantu permainan edukatif berbasis permainan. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Terdapat beberapa tahapan dalam MDLC antara lain konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian dan distribusi.Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Gorontalo dengan responden sebanyak 28 siswa. Dengan menggunakan aplikasi Unity 3D, sebuah game edukasi berbasis Android dikembangkan untuk memecahkan permasalahan di sekolah dimana siswa mengalami kesulitan dalam mengakses materi karena terbatasnya media pendukung pembelajaran. Permainan edukatif ini dapat merangsang konsentrasi dan  berpikir siswa serta  menunjang pembelajaran menjadi lebih baik dan terkini. Dari hasil pengembangan game tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan dikembangkannya game edukasi berbasis Andoird ini lahirlah game yang layak  digunakan dengan  hasil uji kelayakan yang menurut ahli materi mempunyai kelayakan. . Pada kategori “Kelayakan”, serta hasil  kelayakan ahli media. Dengan demikian lingkungan pembelajaran materi Informatika berbasis Andoid disetujui untuk digunakan dalam kegiatan pendidikan dan pendidikan di kelas X TKJ SMK Negeri 1 Gorontalo.

Keywords


game edukasi; media pembelajaran; pengembangan

References


Arikunto. (1993). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pratik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bagus, M. H. (2016). Implementasi Augmented Reality (AR) Menggunaka Unity 3D Dan Vopuria SDK. Ilmu Komputrer Vol. 9, No 1 , April 2016.

Hermawan, F, I. N. (2023). Pengembangan Game Edukasi Pada Mata Pelajaran Administrasi Sistem Jaringan Kelas XII TKJ di SMK Muhammadiyah 1 Padang.

Hasanah, M. (2018). Pengembangan Trainer Internet of Things Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah Internet of Things. ELINVO (Electronics, Informatics, and Vocational Education).

Ismail, T. H. (2022). Dasar - dasar Teknik Jaringan Komputer dan telekomunikasi. Ajibarang: Kemendikbud.

Kobi, K. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Pada Pelajaran Dasar Desain Grafis. Journal of Information Technology Education.

Putri. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Sistem Kolaid Di SMA Negeri 2 Banda Aceh. Banda Aceh.

Sugiarto, H. (2018). Penerapan Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Abjad Dan Angka. Indonesian Journal On Computer And Information Technology, Vol. 3,No. 1. Mei 2018.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitaf, Kualitatif, Dan RND (19th ed). Jakarta: Alfabet.

Tresnawati, R. D. (2016). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Sekolah Tinggi Teknologi Garut. Skripsi.




DOI: https://doi.org/10.37905/inverted.v4i1.23058

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Published by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
Jl. Prof. Dr.Ing. B.J. Habibie, Moutong – Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango
Homepage : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted
email: inverted@ung.ac.id

Creative Commons Licence

 

This work is licensed under a 
 Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License