Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Di SMK Negeri 1 Modayag Barat
Abstract
Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMK Negeri 1 Modayag Barat, ditemukan permasalahan bahwa kurangnya penggunaan metode dan variasi dalam media pembelajaran sehingga guru masih menggunakan e-modul dalam format PDF sebagai media pembelajaran, denga nisi modul yang disajikan sebagian besar dalam bentuk teks dan tidak interaktif , serta terbatasnya waktu untuk menyampaikan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif pada materi perencanaan dan pengalamatan jaringan, mengukur kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan, melakukan uji kepraktisan dan keefektifan. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) model ADDIE. Sebelum diimplementasikan kepada pengguna (siswa), media pembelajaran yang dikembangkan terlebih dahulu divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Dengan hasil penelitian menunjukkan : (1) validasi ahli media mendapatkan skor 93% ,(2) validasi ahli materi mendapatkan skor 94%. Setelah melalui serangkaian validasi ahli kemudian diimplementasikan ke pada pengguna. Hasil dari implementasi media pembelajaran interaktif di kelas XI TKJT SMK Negeri 1 Modayag Barat dengan uji kepraktisan mendapatkan presentase sebesat 88,6% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji keefektifan yang sudah dikembangkan mempunyai keefektifan bersifat positif untuk diterapkan pada proses pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adam, S., & Syastra M., T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam. CBIS Journal, 3(2).
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Asril, A., Latief, M., & Setiawan, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pemrograman Dasar Kelas X Tkj Di Smk Negeri 3 Gorontalo. INVERTED: Journal of Information Technology Education, 2(2). http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted
Branch, M. R. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.
Cheung, L. (2016). Using the ADDIE Model of Instructional Design to Teach Chest Radiograph Interpretation. Journal of Biomedical Education, 2016, 1–6. https://doi.org/10.1155/2016/9502572
Chun, R. (2017). Adobe Animate CC Clashroom in a Book. Amerika : Printed and Bound in the United State of America.
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media.
Dick, W., Carey, L., & Carey,J. O. (2005). The Systematic design of instruction
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Labrecque, J. (2016). Adobe Animate CC : Introduction to Animation and Interactivity. Adobe MAX.
Makadao, E. M., Novian, D., Lahinta, A., & Abdillah, T. (2023). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Desain Grfis Percetakan Jurusan Multimedia Smk Negeri 1 Modayag Barat. INVERTED: Journal of Information Technology Education 3(1).
Manoppo, Mulyanto, & Suhada. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Jurnal MediaTIK : Jurnal Media Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, 4(2).
Mokodompit, D., Olii, S., & Takdir, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pada Materi Perangkat Lunak Pengolah Gambar Vektor Di Smk Negeri 1 Gorontalo. INVERTED: Journal of Information Technology Education, 2(2). http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted
Riduwan. (2011). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rimawati, E. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Jakarta : Kata Pena.
Shoffa, S. (2021). Perkembangan Media Pembelajaran di Perguruan Tinggi. CV. Agrapana Media.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sundayana. (2016). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Surono. (2011). Pengembangan Media Pembelajaran Macromedia Flash Pada Kompetensi Mengelas Dengan Oksi Asitilen Di Smk Muhammadiyah Prambanan. eprints@UNY.
Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta : Rineka Cipta.
DOI: https://doi.org/10.37905/inverted.v4i2.24872
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
Jl. Prof. Dr.Ing. B.J. Habibie, Moutong – Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango
Homepage : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted
email: inverted@ung.ac.id