PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKJ PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA DI SMK NEGERI 1 BATUDAA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKJ pada mata pelajaran Informatika di SMKN 1 Batudaa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMKN 1 Batudaa Tahun Ajaran 2023/2024 yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi untuk pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru dan siswa, tes tertulis untuk hasil belajar siswa pada aspek kognitif, non tes untuk hasil belajar siswa pada aspek psikomotorik, dan dokumentasi. Indikator untuk keberhasilan penelitian ini adalah 75. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Informatika. Hal tersebut dilihat dari peningkatan presentase hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar 66% dan hasil belajar psikomotorik siswa pada siklus I sebesar 80%, dan pada siklus II terjadi peningkatan presentase hasil belajar kognitif siswa sebesar 88% dan hasil belajar psikomotorik sebesar 87%. Kemudian pada ketuntasan hasil belajar siswa kognitif sebesar 48% dan hasil belajar psikomotorik siswa sebesar 71% pada siklus I dan pada siklus II hasil belajar kognitif siswa sebesar 90% dan hasil belajar psikomotorik siswa sebesar 95%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat mengkatkan hasil belajar siswa kelas X TKJ.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdjul, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Buntulia. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 08, (1), 343-348.
Alfitry, S., & Nurhadi. (2020). Model Discovery Learning Dan Pemberian Motivasi Dalam Pembelajaran Konsep Motivasi Prestasi Belajar. Pekan Baru: Guepedia.
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (Jpap), 9, 292-299.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis Atas Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam). Indonesian Journal Of Islamic Education, 6, 1, 19-32.
Budi, S. S. (2022). Penerapan Model Inquiry. Suka Bumi: Haura Utama.
Dari, F. W., & Ahmad, S. (2020). Model Discovery Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sd. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 2, 1469-1479.
Fanani, M. A., & Suyoto. (2020). Peningkatan Motivasi Berprestasi Dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Transformasi Geometri Siswa Kelas Xi Tsm – 1 Smk Muhammadiyah 2 Jogoroto Melalui Pembelajaran Model Discovery Learning. Didaktika, 27, 1, 12-21.
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 3, 5-11.
Juhri, S. (2020). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Ix Pada Pembelajaran Ipa. Jurnal Bio Educatio, 5, 2, 36-43.
Larasati, D. A. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Berbasis Higher Order Thinking Skill Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11, 1, 39-47.
Nahdiah, R. (2021). Upaya Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Pada Materi Hereditas Di Kelas Xii Ipa 4 Sman 22 Bandung (Studi Di Kelas Xii Ipa 4 Sman 22 Bandung Tahun Pelajaran 2019/2020). Biosfer, J.Bio. & Pend.Bio, 6, 2, 86-95.
Nurhadi, & Alfitry, S. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Pemberian Motivasi Oleh Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Se-Kecematan Rumbai Pesisir. Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 8, 1, 29-41.
Muhardi, M. (2018). Model Discovery Learning. Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 6, 11, 133-148.
Parwati, N. N., Suryaman, I., & Apsari, R. (2018). Belajar Dan Pembelajaran. Depok: Raja Giafindo Persada.
Paulus, L. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Operasi Bentuk Aljabar pada Siswa Kelas X Akuntansi-2 SMK Negeri I Waingapu. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan.
Pudyo, S. (2018). Belajar Tuntas: Filosofi, Konsep Dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana, N. (2017). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Surur, M., & Oktavia, S. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Edutama, 6, 1, 11-18.
Yandhari, I. A., Alamsyah, T. P., & Halimatusa’diah, D. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahahan Masalah Matematis Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10, 2, 146-152.
Yuliana, N. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2, 1, 21-28.
DOI: https://doi.org/10.37905/inverted.v4i2.24880
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
Jl. Prof. Dr.Ing. B.J. Habibie, Moutong – Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango
Homepage : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted
email: inverted@ung.ac.id