Analisis Kejenuhan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika di SMK Negeri 1 Gorontalo
Abstract
Proses pembelajaran adalah aktivitas penting dalam penyampaian materi pelajaran dari guru ke siswa. Namun, sering terjadi kendala yang menyebabkan proses pembelajaran kurang efektif, salah satunya adalah kejenuhan belajar. Kejenuhan belajar pada siswa bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kondisi siswa, lingkungan kelas, cara penyampaian materi oleh guru, dan faktor eksternal di luar sekolah. Hal ini menyebabkan proses pembelajaran menjadi tidak efektif. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor penyebab kejenuhan belajar serta mengetahui tingkat kejenuhan pada siswa. Metode yang digunakan adalah metode campuran dengan model terpadu bersama-sama (Concurrent Embedded Strategy), meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyampaian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Data tingkat kejenuhan siswa yang diperoleh melalui angket yang menunjukkan 9 siswa (14%) dalam kategori rendah, 43 siswa (68%) dalam kategori sedang, dan 11 siswa (18%) dalam kategori tinggi dari total 63 siswa. Sementara itu analisis kualitatif menunjukkan beberapa faktor penyebab kejenuhan belajar antara lain materi pembelajaran yang kurang diminati, strategi mengajar guru, jam pelajaran yang kurang efektif, dan kurangnya sarana prasarana. Kesimpulan penelitian diketahui rata-rata siswa mengalami kejenuhan belajar dalam kategori sedang (68%). Serta empat faktor utama penyebab kejenuhan: materi pelajaran, jam pelajaran, strategi mengajar guru, dan kurangnya sarana prasarana.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Dapodikbud. (2024). SMK NEGERI 1 GORONTALO. Retrieved 3 24, 2024, from SEKOLAH KITA: https://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/e7c5b961-b5a9-4d38-a242-86d18af1f3ab
Deskimo. (2022, 04 16). Jam Biologis Tubuh: Waktu Terbaik Untuk Bekerja Dan Tidur. Retrieved 04 19, 2024, from Deskimo: https://www.deskimo.com/id/blog/jam-biologis-tubuh-waktu-terbaik-untuk-bekerja-dan-tidur/#:~:text=Jam%20biologis%20adalah%20mekanisme%20pengaturan,tubuh%20dalam%20siklus%2024%20jam.
Firmansyah, T. W. (2017). Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan di Madrasyah Ibtidaiyah Negeri 1 Talang Ubi Pendopo.
Fitri Andriani, dkk. (2021, Agustus). Analisis Kejenuhan Belajar Pada Siswa Kelas VIII dI SMP Negeri 1. BIKONS: Bimbingan dan Konseling, 1.
Haidir, & Salim. (2012). Strategi Pembelajaran Suatu Pendekatan Bagaimana. Medan: Perdana Publishing.
Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar . Formatif: jurnal ilmiah pendidikan MIPA.
M Berutu dan M Tambaun. (2018). Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil. Jurnal Biolokus, 109.
Maria Yuliana Wangge, A. P. (2021). Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Daring Pada. urnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K) .
Putri Bunga Darmayanti Sianturi, A. L. . (2023). Pengaruh Sarana dan Prasarana Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Pematang Siantar. . NNOVATIVE: Journal Of Social Science Research.
Ramadhani Oktavia Rahma, Vita Rahmawati, Agung Setyawan. (2022). Pengaruh Kejenuhan Terhadap Konsentrasi Belajar. Jurnal PANCAR: Pendidik Anak Cerdas dan Pintar.
Ritonga, M. (2021). Efektivitas Ice Breaking dalam Mengurangi Kejenuhan Peserta Didik Mempelajari Bahasa Arab. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 112-138.
Ruci Pawicara dan Maharani Conilie. (2020, Juni). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 29-38.
Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta: Kencana.
Sutarto. (2017, 12 28). Teori Kognitif dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. ISLAMIC COUNSELING: Jurnal Bimbingan Konseling Islam.
DOI: https://doi.org/10.37905/inverted.v4i2.25759
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
Jl. Prof. Dr.Ing. B.J. Habibie, Moutong – Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango
Homepage : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted
email: inverted@ung.ac.id