PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI KONSEP DAN KEBUTUHAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK
Abstract
Pada observasi awal ditemukan permasalahan pada proses pembelajaran materi konsep dan kebutuhan sistem berorientasi objek, guru hanya mengandalkan media utama seperti buku cetak sehingga menyampaikan materi kurang efektif dan didapati nilai ulangan harian siswa di bawah dari KKM ( Kriteria Ketuntasan Minimal ). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android pada materi Konsep dan Kebutuhan Sistem Berorientasi Objek dan mengetahui kelayakan dari media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan Four-D (4D). Terdapat 4 tahapan dalam model pengembangan (Four-D) 4D, yaitu : define (Pendefinisian), design (Perancangan), develop (Pengembangan), dan disseminate (Penyebaran). Hasil Penelitian ini pada uji kelayakan ahli media mendapatkan rata-rata persentase 93,75% dengan kategori sangat layak, dan pada uji kelayakan ahli materi mendapatkan rata-rata persentase 91,66% dengan kategori sangat layak. Selain itu, pada uji respon siswa mendapatkan rata-rata persentase 90,09%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat simpulkan bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan valid dan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amirullah, G., & Susilo. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Konsep Monera Berbasis Smartphone Android. Wacana Akademika, 38-47.
Baharun, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Lingkungan Melalui Model ASSURE. Cendekia, 231-246.
Burnette, E. (2010). Hello, Android. Raleigh: Pragmatic Programmers.
Kuswanto, J. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI. Indonesian Journal Of Business Intellegence, 65-70.
Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 1-10.
Prasetya, M. A., Sudirman, & Wiyono, K. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Suhu, Kalor dan Perpindahan Kalor Untuk SMA Kelas XI. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 163-169.
Putra, Z. W., & Sujatmiko, B. (2020). Studi Literatur Pengaruh Pembelajaran Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal IT-EDU, 489-496.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Supartini, M. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Kreativitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi di SDN Mangunharjo 3 Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 277-293.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children : A Sourcebook. Minnepolis: National Center for Improvement of Educational.
DOI: https://doi.org/10.37905/inverted.v5i1.27499
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
Jl. Prof. Dr.Ing. B.J. Habibie, Moutong – Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango
Homepage : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted
email: inverted@ung.ac.id
Â
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Â