Pengembangan Lks (Lembar Kerja Siswa) Online Untuk Evaluasi Belajar Pada Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Web

Rizqoh Ayu An-Nisai Sabilillah, Moh Hidayat Koniyo, Dian Novian

Abstract


Dengan berkembangnya teknologi saat ini menuntut adanya suatu inovasi yaitu pengembangan aplikasi web untuk menunjang proses pembelajaran yang memudahkan guru agar dapat memberikan evaluasi pembelajaran kepada siswa tanpa harus mengeluarkan tenaga bahkan biaya besar. Aplikasi pengujian ini sangat cocok digunakan saat pandemic covid-19 virus yang sedang mewabah di seluruh dunia sehingga menyebabkan seluruh siswa belum diperbolehkan datang ke sekolah mengingat akan bahaya yang ditimbulkan, untuk itu semua pembelajaran di haruskan belajar secara online, dari situlah terbuka kesempatan emas untuk ikut berperan mengembangkan sebuah web  sekolah sebagai media teknologi informasi. Akses internet yang tersedia bisa dimanfaatkan membuka situs pembelajaram online yang bisa di akses dari mana saja dan kapan saja tanpa terikat tempat dan waktu.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi lembar kerja siswa untuk memudahkan evaluasi pembelajaran online seperti ulangan harian, atau kuis yaitu guru, siswa, admin dan orangtua siswa hanya menggunakan smartphone tanpa menggunakan laboratorium computer yang terbatas. Penelitian ini menggunakan laravel, dengan rancangan metode penelitiannya yaitu spiral, dilengkapi dengan keamanan berupa SMS gateway dan SMTP mail.


Keywords


Pengembangan LKS; Evalusi Belajar; Ujian Online; Bebasis Web; SMS Gateway; Laravel;

References


Chabib Toha.2001.Teknik Evaluasi Pendidikan.Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Departemen Pendidikan Indonesia (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Oriogun, P. K. 2000. A Survey of Boehm ’ s Work on the Spiral Models and COCOMO II—Towards Software Development Process Quality Improvement. Development, 53-63.

Permatasari. 2014. Pengelolaan Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik Secara Online. Diakses dari http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/05 /volume-24-no.-384-89.pdf Pada Tanggal 26 Oktober 2018 jam 12.50 WITA

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Pressman, Roger S.1997, Software Engineering : A Practitioner’s Approach, McGraw-Hill. Inc, NewYork, NY 10020.

Pudji Muljono & Djaali.2007.Pengukuran dalam Bidang Pendidikan.Jakarta: (book.google.co.id di akses 23/10/2018 jam 20:30 WITA).

Raymond McLeod,Jr. 2001. Sistem Informasi Edisi 7 Jilid 2. Prenhallindo. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.37905/inverted.v1i1.9315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Published by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
Jl. Prof. Dr.Ing. B.J. Habibie, Moutong – Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango
Homepage : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted
email: inverted@ung.ac.id

Creative Commons Licence

 

This work is licensed under a 
 Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License