Penerapan Game Edukasi Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi

Fhaby Magfirah Mokoagow, Lillyan Hadjaratie, Roviana H Dai

Abstract


Rendahnya nilai hasil belajar siswa kelas XI IPS 4 di SMAN 1 Telaga pada mata pelajaran geografi materi persebaran flora dan fauna disebabkan tingginya aktivitas siswa dalam bermain game dari pada belajar geografi dengan persentase sebesar 65% dan 61% siswa lebih senang membahas game dari pada pelajaran geografi. Media pembelajaran merupakan perangkat penting yang harus disiapkan agar hasil belajar siswa dapat meningkat. Salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran berbasis game edukasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 4 di SMAN 1 Telaga pada mata pelajaran geografi materi persebaran flora dan fauna melalui penerapan game edukasi berbasis android. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil dari penelitian yaitu ada peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS 4 pada saat proses pembelajaran materi persebaran flora dan fauna dengan menggunakan game edukasi berbasis android. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I adalah 69,62 dengan ketuntasan klasikal 62% dengan kriteria kurang tercapai, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 91,48 dan ketuntasan klasikal 100% dengan kriteria tercapai. Selain itu, terjadinya peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan game edukasi berbasis android. Hal ini ditunjukkan melalui pengamatan aktivitas siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 2,65 dengan kriteria cukup baik sedangkan siklus II nilai rata-rata mencapai 3,2 dengan kriteria baik.

Keywords


Android; Game Edukasi; Hasil Belajar; PTK

References


Darmadi, H. 2015. Desain Dan Implementasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bandung : Alfabeta.

Didipu, Lisnawati., Abdullah, Hartin., & Jusuf, Raplin. (2019). Dokumen Kurikulum SMAN 1 Telaga. Gorontalo.: SMAN 1 Telaga.

Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Julianto, (2019). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Geografi Untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Telaga Biru. Skripsi, Universitas Negeri Gorontalo.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Purwanto, 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Riduwan & Akdon. (2010). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suhada, S., Bahu, K, R., & Amali, L, N. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jambura Journal Of Informatics, Vol. 2, No. 2, (http://ejurnal.ung.ac.id/, diakses Tanggal 15 Januari 2021)

Tedjasaputra, Mayke S. (2001). Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta : Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Published by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
Jl. Prof. Dr.Ing. B.J. Habibie, Moutong – Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango
Homepage : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted
email: inverted@ung.ac.id

Creative Commons Licence

 

This work is licensed under a 
 Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License